facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Beredar Kabar Kepala BNPB Sekaligus Satgas Covid-19 Sambangi Israel, Benarkah?

Reza Gunadha | Fita Nofiana
CEK FAKTA: Beredar Kabar Kepala BNPB Sekaligus Satgas Covid-19 Sambangi Israel, Benarkah?
Cek Fakta Kepala BPNB ke Israel (kominfo.go.id)

Beredar pemberitaan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto sambagi Israel.

Suara.com - Beredar sebuah informasi yang menyatakan bahwa Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto melakukan kunjungan ke negara Israel. Sambangan ke Israel disebut dilakukan untuk membahas strategi penanganan Covid-19 di masing-masing negara.

Kabar tersebut bermula dari kaman berita dari The Jerusalem Post yang ditanyangkan pada Senin (17/1/2022). Artikel tersbeut berjudul, 'Indonesian Delegation in Israel to Study Covid-19 Respons'.

Pada berita tersebut menyebutkan bahwa The Jerusalem Post menyatakan bahwa kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh Army Radio, stasiun radio milik militer Israel.

Laporan tersebut menyatakan bahwa delegasi pejabat kesehatan di Indonesia di mana disebutkan Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Covid Letjen Suharyanto bertemu dengan pejabat Israel.

Baca Juga: Keluarga di Sheikh Jarrah Diusir Paksa, Kedubes Palestina Kutuk Israel

Lalu benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

Melansir dari laman resmi kominfo.go.id, artikel dari The Jerusalem Post mengenai kunjungan Letjen TNI Suharyanto ke Israel baru-baru ini ternyata tidaklah benar.

Dalam hal ini, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menegaskan bahwa Letjen TNI Suharyanto yang juga selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tidak bertemu dengan pejabat Israel.

Ia bahkan menegaskan bahwa sejak dilantik sebagai Kepala BNPB oleh Presiden RI Joko Widodo, Letjen TNI Suharyanto tidak pernah melakukan kunjungan ke luar negeri.

Baca Juga: Dokter Reisa: Omicron Sudah Menyebar ke Seluruh Dunia, Larangan Masuk WNA 14 Negara Tak Efektif

Cek Fakta Kepala BPNB ke Israel (kominfo.go.id)
Cek Fakta Kepala BPNB ke Israel (kominfo.go.id)

Kesimpulan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar