facebook

Pelat Nomor Polri Milik Arteria Dahlan jadi Sorotan, Rekan di Komisi III DPR Bantah Dapat Keistimewaan

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Pelat Nomor Polri Milik Arteria Dahlan jadi Sorotan, Rekan di Komisi III DPR Bantah Dapat Keistimewaan
Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan. (Suara.com/Novian)

"Enggak ada itu (keistimewaan dari pihak Polri)."

Suara.com - Rekan Arteria Dahlan di Komisi III DPR RI Sarifuddin Sudding mengaku tidak ada keistimewaan yang diberikan kepada setiap legislator yang membidangi persoalan hukum dan HAM di Parlemen. Hal itu berkaitan dengan pelat Polri diduga milik Arteria yang menjadi sorotan. 

"Enggak ada itu (keistimewaan dari pihak Polri)," kata Sudding kepada wartawan, Jumat (21/1/2022). 

Terkait pelat Polri yang diduga milik Arteria yang menjadi sorotan, Sudding sendiri mengatakan, dirinya tidak memilikinya. Ia mengaku hanya memakain pelat khusus dari DPR RI. 

"Kan ada kami itu kan yang dari DPR itu. Jadi yang membedakan nomor dari DPR," ungkapnya. 

Baca Juga: Kok Bisa Mobil Arteria Dahlan Pakai Pelat Nomor Polisi? Pimpinan DPR: Biasanya Karena Kedekatan Pribadi

Menurutnya, ia hanya mengetahui pelat Polri milik Arteria hanya dari pemberitaan di media saja. Ia menegaskan, tak ada pelat Polri yang diterima dan ditempelkan di kendaraan pribadinya. 

"Ya makanya, coba ditanya ke pak Arteria. Kan dari pihak Mabes kalau tidak salah saya baca di media itu memberikan pengamuan kan bahwa itu nopol sah atas nama Arteria. Sepengetahuan saya gak ada itu (nomor pelat Polri)," tandasnya. 

Penampakan sejumlah mobil milik Arteria Dahlan yang terparkir di gedung DPR RI usai heboh soal pelat nomor kembar. (Suara.com/Novian)
Penampakan sejumlah mobil milik Arteria Dahlan yang terparkir di gedung DPR RI usai heboh soal pelat nomor kembar. (Suara.com/Novian)

Penjelasan Pimpinan DPR 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Lodewijk F Paulus, mengaku tidak tahu menahu ihwal dari mana Arteria mendapatkan pelat polisi. Namun kemungkinan, menurut Lodewijk pelat nomor polisi itu didapat karena tidak terlepas dari posisi Arteria di Komisi III. Mengingat Komisi III bermitra dengan Kepolisian. 

"Secara teknis saya tidak tahu. Karena biasanya itu hubungan pribadi ya apalagi mereka Komisi III mitra mereka kan kepolisian. Mungkin dari situ mereka ada komunikasi dengan Dirlantas untuk mendapatkan fasilitas itu," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (21/1/2022) 

Baca Juga: Pimpinan DPR Imbau Anggota Hargai Kearifan Lokal, Cegah Kegaduhan Arteria Dahlan Terulang

Sementara diakui Lodewijk, sebagai pimpinan DPR memang ada mobil yang khusus menggunakan pelat polisi. Namun sifatnya hanya sebagai mobil pengawalan, bukan kendaraan peruntukkan pribadi. 

"Ya seperti saya sebagai Wakil Ketua DPR kan ada ya, walaupun kalau dilihat saya cenderung simpan dia. Pada saat saya keluar kota jauh maka saya tidak menggunakan motor untuk pengawalan tapi saya menggunakan yang mobil ini," kata Lodewijk. 

"Karena satu jaraknya jauh mungkin hujan dan mungkin itu fasilitasnya saya belum tahu persis fasilitas. Tapi saya pikir itu hubungan pribadi yang bersangkutan dengan aparat yang terkait dengan itu," sambungnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar