facebook

Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut Binsar Pandjaitan yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad

Chyntia Sami Bhayangkara
Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut Binsar Pandjaitan yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad
Brigjen Maruli Simanjuntak.

Profil Maruli Simanjuntak dikenal sebagai salah satu orang yang dekat Presiden Joko Widodo, dan juga merupakan menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Suara.com - Profil Mayjen Maruli Simanjuntak, menantu Menko Bidang Kemaritiman dan Invesatasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan tengah menyita perhatian publik. Pasalnya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak ini telah resmi ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Penunjukan Maruli Simanjuntak tersebut telah tertuang di dalam Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat tersebut sudah diteken Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada 21 Januari 2022 kemarin. Maruli menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Simak profil Mayjen Maruli Simanjuntak.

Belakangan ini, nama Maruli memang telah disebut-sebut sebagai calon terkuat Pangkostrad, bersaing dengan sejumlah nama yang juga masuk dalam bursa seperti Mayjen Agus Subiyanto, Mayjen I Nyoman Cantiasa, dan Mayjen Teguh Pujo Rumekso. Lantas, banyak yang penasaran dengan profil Mayjen Maruli Simanjuntak, siapakah Maruli Simanjuntak yang sebenarnya?

Maruli adalah abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 yang berpengalaman di Infanteri Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra. Untuk mengetahui tentang profil Mayjen Maruli Simanjuntak selengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa Rotasi Perwira Tinggi TNI, Pangkostrad Dijabat Menantu Luhut Binsar Panjaitan

Latar Belakang Mayjen Maruli Simanjuntak

Maruli Simanjuntak lahir di Bandung, pada tanggal 27 Februari 1970. Maruli Simanjuntak adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Ayah dan ibunya adalah pasangan Batak yang merantau ke Kota Kembang.

Maruli Simanjuntak pernah memangku berbagai jabatan yang tidak jauh-jauh dari lingkungan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI. Lulusan Akademi Militer tahun 1992 ini memang langsung bertugas di Kopassus setelah dirinya merampungkan pendidikannya.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat memeriksa proses donor darah, di Makorem 163/Wira Satya, Rabu (22/09/2021). ANTARA/Ayu Khania Pranisitha. [Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021]
Profil Mayjen Maruli Simanjuntak ANTARA/Ayu Khania Pranisitha. [Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021]

Maruli menjabat sebagai Komandan Denpur Cakra pada tahun 2002. Tiga tahun berselang, Maruli menjabat sebagai Prabandya Ops Mako Kopassus selama tiga tahun.

Setelah itu, secara berturut-turut Maruli Simanjuntak menjabat Danyon 21 Grup 2 Kopassus (2008), Dan Sekolah Komando Pusdik Passus (2009), Wadan Grup 1 Kopassus (2010), Dan Grup 2 Kopassus (2013), Asops Danjen Kopassus (2014), Dan Grup A Paspampres (2014-2016), Danrem 074/Wasrastratama (2016-2017), Wadanpaspampres (2017-Oktober 2018), dan Kasdam IV/Diponegoro (Oktober-November 2018).

Baca Juga: Menantu Luhut Ditunjuk Jadi Pangkostrad, DPR Buka Suara

Baru satu bulan menjabat, Maruli Simanjuntak kembali mendapatkan promosi sebagai Komandan Paspampres. Ketika itulah pangkat Maruli Simanjuntak naik menjadi dua bintang atau mayjen.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar