Doa Perjalanan Mudik Naik Kendaraan Mobil, Kapal Laut dan Pesawat yang Dianjurkan Dibaca

Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Perjalanan Mudik Naik Kendaraan Mobil, Kapal Laut dan Pesawat yang Dianjurkan Dibaca
Ilustrasi mudik doa perjalanan mudik. (Pixabay/tookapic)

Berikut doa perjalanan mudik yang dianjurkan untuk dibaca.

Suara.com - Memasuki akhir bulan Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sudah dirindukan para perantau, yaitu mudik lebaran. Tahun ini, setelah berhasil menekan pandemi covid-19, pemerintah mengijinkan para perantau untuk mudik. Sebelum berangkat mudik, ada baiknya Anda mengetahui doa perjalanan mudik.

Oleh karenanya, kalau Anda termasuk di antara orang-orang yang akan mudik, jangan lupa untuk membaca doa  perjalanan mudik. Berikut kami sampaikan tiga doa perjalanan mudik melalui darat, laut, dan udara

Doa perjalanan mudik: darat, laut, dan udara

Dikutip dari islam.nu.or.id, dalam konteks perjalanan mudik, kita dianjurkan untuk membaca Surat Al-Ikhlas. Berikut bacaan lengkap Surat Al-Ikhlas:

Baca Juga: Adjis Doa Ibu Sindir Gita Savitri, Bandingkan Pernyataannya Dengan Sophia Latjuba

Qul huwallâhu ahad. Allâhus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad. 

Artinya: “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.’”

Doa tersebut merupakan anjuran dari Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar. Doa tersebut dikutip dari sebuah riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra terkait doa berkendaraan.  (Imam an-Nawawi, al-Adzkar, 1971: 188). 

Tata Cara Doa Perjalanan Mudik

Selain itu untuk melancarkan perjalanan darat, laut, dan udara dianjurkan untuk membaca doa perjalanan mudik di bawah ini. Tata cara doa perjalanan mudik di bawah ini dilansir dari nu.or.id.

Baca Juga: Bulog Bakal Datangkan 100 Ribu Ton Daging Kerbau Asal India, Peternak Siap-siap Menjerit

1.  Baca bismillah