facebook

Naik Helikopter, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko PMK dan Menhub Cek Arus Balik Mudik Lebaran 2022 di Lampung

RR Ukirsari Manggalani | Ummi Hadyah Saleh
Naik Helikopter, Menteri BUMN Erick Thohir, Menko PMK dan Menhub Cek Arus Balik Mudik Lebaran 2022 di Lampung
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi [Dokumentasi Menteri BUMN Erick Thohir]

Pemerintah mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Suara.com - Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek persiapan arus balik mudik Lebaran 2022 di wilayah Lampung dan penyeberangan feri.

Ketiga menteri Presiden Joko Widodo itu mengecek arus balik menggunakan helikopter.

"Check persiapan arus mudik balik dengan Menhub dan Menko PMK," ujar Erick kepada wartawan, Rabu (4/5/2022).

Ia menuturkan peninjauan langsung arus balik sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Lebaran 2022, Presiden Joko Widodo Akan Berlakukan Tiga Kebijakan

"Menko PMK, Menhub, dan Menteri BUMN mengecek langsung arus mudik dan arus balik pada Rabu, 4 Mei 2022 dengan menggunakan helikopter," kata Erick.

"Sebagaimana disampaikan Presiden bahwa pemerintah akan selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk perjalanan pada Lebaran tahun ini. Untuk itu para menteri mengecek langsung kondisi di lapangan," sambungnya.

Berdasarkan foto yang dibagikan Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya tampak mengenakan baju putih dan topi. Kemudian Menko PMK Muhadjir memakai baju putih dan topi. Sementara Menteri BUMN Erick Thohir memakai baju biru dongker dan masker hitam.

Terlihat Erick Thohir yang mengabadikan swafoto bersama Budi Karya dan Muhadjir Effendi sebelum lepas landas.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idul Fitri tahun ini untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik.

Baca Juga: Angkasa Pura II Perkirakan Arus Balik Pemudik Mulai Terjadi Hari Ini

Pemerintah sendiri telah memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi pada 6-8 Mei 2022.

"Setelah kita merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halaman, tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja, maupun beraktivitas lainnya. Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022," kata Jokowi dalam keterangannya di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (3/5/2022).

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak, ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," katanya.

Lebih lanjut, kepala negara menegaskan, pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Komentar