facebook

Bisa Usung Capres Sendiri, Politikus PDIP: Koalisi Urusan Megawati

Dwi Bowo Raharjo | Novian Ardiansyah
Bisa Usung Capres Sendiri, Politikus PDIP: Koalisi Urusan Megawati
Kader kibarkan bendera PDI Perjuangan. (Beritajatim.com/Ist)

Junimar mengatakan PDIP itu tidak perlu umumkan koalisi.

Suara.com - Golkar, PAN dan PPP sudah mengumumkan pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu. Lalu kapan hal serupa diikuti partai-partai lain, termasuk PDIP yang notabene merupakan partai pemenang Pemilu sebelumnya?

Menjawab pertanyaan itu, Politikus PDI Perjuangan Junimart Girsang mengatakan bahwa partai yang dijetuai Megawati Soekarnoputri tidak perlu mengumumkan koalisi. Menurutnya sebagai pemenang Pemilu dengan raihan suara di Parlemen mencapai 20 persen, PDIP bisa mengusung calon presiden sendiri tanpa berkoalisi.

"PDIP itu tidak perlu umumkan koalisi, PDIP sudah bisa mengusung itu saja dipahami maka PDIP itu partai yang betul-betul siap dengan pesta demokrasi," kata Junimart di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Namun begitu, ditegaskan Junimart persoalan PDIP perihal koalisi nantinya akan ditentukan dan menjadi kewenangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Politikus PDIP Minta Jajaran Menteri Jangan Manfaatkan Fasilitas untuk Lakukan Hal-hal Genit

"Tapi sebagai catatan partai yang satu-satunya bisa mengusung presiden ya PDIP tanpa koalisi juga bisa. Jadi koalisi urusan ibu ketum bukan urusan kita, kita hanya ikut tegak lurus saja," kata Junimart.

Komentar