facebook

Profil Partai Pelita, Partai Baru yang Didirikan Oleh Din Syamsuddin

Farah Nabilla
Profil Partai Pelita, Partai Baru yang Didirikan Oleh Din Syamsuddin
Ketua Majelis Permusyawaratan (MPP) Partai Pelita Din Syamsuddin (kiri) di sela acara Rakernas perdana Partai Pelita di Mercure Hotel, Ancol, Jakarta, Senin (16/5/2022). [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau lebih akrab disebut dengan Din Syamsuddin mendeklarasikan partai baru yang diberi nama Partai Pelita pada Februari lalu.

Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau lebih akrab disebut dengan Din Syamsuddin mendeklarasikan partai baru yang diberi nama Partai Pelita. Partai tersebut dideklarasikan pada Februari lalu.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut menuturkan bahwa pendirian Partai Pelita bukan didasarkan pada keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Ia justru mengungkap bahwa saat ini ia menduduki posisi menjadi penasihat.

Profil Partai Pelita

Partai Pelita sendiri merupakan partai politik yang dideklarasikan secara resmi pada 28 Februari 2022, di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat. Din Syamsuddin yang merupakan ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) melantik serta mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Pelita.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Partai Pelita yang Didirikan oleh Din Syamsuddin

Partai Pelita saat ini diketuai oleh Beni Pramula, Beni menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Pelita pertama pada periode 2022-2027.

Beni sendiri pernah mengemban sejumlah jabatan semasa menjadi seorang aktivis, diantaranya menjadi ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah periode 2014-2016, hingga menjadi Presiden Pemuda Asia-Afrika periode 2015-2020. 

Dilansir dari laman resmi Partai Pelita partaipelita.com, partai tersebut berpegang teguh pada asas Pancasila dengan visi sebagai berikut:

"Dicita-citakan sebagai kekuatan politik pemersatu bangsa yang dinamis dan progresif untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Guna mewujudkan visi tersebut, Partai Pelita memiliki sejumlah misi yang akan dijalankan, diantaranya:

Baca Juga: Peniliti BRIN Siti Zuhro: Etika Politik Adalah Tulang Punggung Kita Dalam Berdemokrasi

1. Menggalang persatuan dan kesatuan bangsa

Komentar