facebook

Ini Perbedaan Wafat dan Kenaikan Isa Almasih, Dua Peristiwa Penting Bagi Umat Nasrani

Chyntia Sami Bhayangkara
Ini Perbedaan Wafat dan Kenaikan Isa Almasih, Dua Peristiwa Penting Bagi Umat Nasrani
Ilustrasi perbedaan wafat dan kenaikan isa almasih. (Pixabay/falco)

Apa perbedaan Wafat Isa Al-Masih dan Kenaikan Isa Al-Masih?

Suara.com - Wafatnya Isa Almasih dan Kenaikan Isa Almasih adalah dua peristiwa sakral bagi umat nasrani di seluruh dunia. Meski keduanya begitu penting namun masih banyak yang kerap menyamakan dua peristiwa ini, padahal keduanya adalah peristiwa yang berbeda. Ada perbedaan Wafat dan Kenaikan Isa Almasih yang perlu diketahui.

Berikut Suara.com merangkum perbedaan wafat dan kenaikan Isa Almasih.

Wafatnya Isa Al-Masih

Hari wafatnya Isa Al-Masih disebut juga dengan Jumat Agung. Ini adalah hari Jumat sebelum Minggu Paskah di mana dikenal sebagai hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatnya di Golgota.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Isa Almasih 2022 Terbaru, Siap Dibagikan ke Media Sosialmu!

Sebenarnya, hari kematian itu sendiri tak tercatat jelas di Alkitab, tapi berdasarkan rincian kitab suci tentang Pengadilan Sanhedrin atas Yesus, dan analisis ilmiah, penyaliban Yesus sangat mungkin terjadi di hari Jum'at, meskipun tanggalnya tidak diketahui dengan pasti.

Menyadur Isaac Newton, 1733, Of the Times of the Birth and Passion of Christ, dalam "Observations upon the Prophecies of Daniel and the Apocalypse of St. John" (London: J. Darby dan T. Browne), oleh dua kelompok ilmuwan, peristiwa itu diperkirakan terjadi pada tahun 33 Masehi di mana sebelumnya diperkirakan pada tahun 34 Masehi oleh Isaac Newton via perhitungan selisih antara kalender Yahudi dan kalender Julian dan besarnya bulan sabit.

Kenaikan Isa Al-Masih

Sementara itu, Kenaikan Isa Al-Masih terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus. Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan yang di mana disaksikan oleh murid-murid-Nya, seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen.

Selama 40 hari setelah kebangkitan-Nya pada hari Minggu, Yesus menunjukkan diri-Nya di depan para murid dan membuktikan bahwa Ia hidup. Yesus berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara tentang Kerajaan Allah.

Baca Juga: Sederet Ucapan Kenaikan Isa Almasih 2022 yang Bisa Anda Gunakan

Mengingat hari Paskah selalu jatuh di hari Minggu, maka hari Kenaikan Isa Al-Masih yang terhitung hari ke-40 sesudah Paskah selalu jatuh pada hari Kamis. 

Komentar