facebook

Viral Sender Bocorkan Soal UTBK SBMPTN 2022, Warganet Heran: Kok Bisa Foto?

Ruth Meliana Dwi Indriani
Viral Sender Bocorkan Soal UTBK SBMPTN 2022, Warganet Heran: Kok Bisa Foto?
UTBK-SBMPTN berapa hari lagi (pixabay)

Dugaan soal UTBK yang bocor dan disebarkan oleh seorang warganet telah memicu perdebatan di media sosial.

Suara.com - Beredar kabar bahwa bocoran soal Ujian Tertulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN 2022 tersebar. Bocoran soal yang diduga keluar saat UTBK tersebut viral setelah dikirimkan oleh sender atau warganet Twitter ke akun menfess.

Adapun akun yang membagikan kiriman sender itu adalah @utbkfess. Akun ini masih bimbang apakah soal itu benar-benar muncul di UTBK SBMPTN 2022 atau tidak.

PTN! Please ini beneran ya?” tanya akun ini seperti dikutip Suara.com, Sabtu (21/5/2022). 

Sontak, postingan itu langsung ramai dibanjiri beragam komentar oleh warganet. Mereka heran sampai mengkritik habis-habisan peserta yang membocorkan soal tersebut ke media sosial.

Baca Juga: Viral Pasangan Beda Usia, Ekspresi Perempuan Jadi Sorotan

Warganet juga menuliskan beragam tebakan, salah satunya menebak peserta yang membocorkan UTBK tersebut sudah kuliah dan hanya iseng mengikuti ujian.

Viral Soal UTBK-SBMPTN 2022 Bocor. (Twitter/@utbkfess)
Viral Soal UTBK-SBMPTN 2022 Bocor. (Twitter/@utbkfess)

Percayalah yang gini-gini nilai UTBK-nya gak keluar, CCTV sudah bersabda habis kalian," komentar warganet.

Katanya sih itu bukan yang khusus kuliah tapi oknum bimbel but who knows sih. Teori mungkin dia udah kuliah tapi ikut UTBK lagi buat ya gitu lah you know you know. Bisa jadi, lucu gue trust issue banget," tebak warganet.

"Bener, ada yang emang dasarnya dia udah kuliah dan emang pinter tapi iseng ikut UTBK buat kongkalikong sama bimbel atau temennya,” tambah warganet.

Apa dia gak di blacklist sama tempat sekolah kuliahnya dia ya?” tanya lainnya.

Baca Juga: Terbongkar! Ini Modus Kecurangan Peserta UTBK SBMPTN 2022 di UNJ

Warganet lain pun juga masih ada yang meragukan kebenaran informasi ini. Mereka juga terheran-heran bagaimana soa UTBK tersebut bisa tersebar di ruangan yang diawasi pengawas.

Tapi ini kalau niat yang moto buat ngebocorin soal atau ngespoilerin temen-temennya biar, 'Ini soal gue lu isi yang bener aja terus hapalin jawabannya'. Agak tolol ya bu, kan soalnya pasti beda-beda lah," kritik warganet.

Serius nanya kok bisa sempet foto? Apa gak keliatan pengawas kah?" tanya warganet heran.

Ini mungkin lebih pinter nyembunyiin deh, tapi pengawasnya juga kurang teliti. Same case tadi di ruangan ku ada yang ketangkep masang kamera di kancing kemeja nya," beber warganet.

Namun ternyata ada pengguna Twitter lain yang membenarkan isi soal tersebut. 

Aku kemarin UTBK tanggal 19 Mei dapet soal itu, literally 3 soal itu ada semua, woy nangis boleh nggak sih?” sahut warganet.

"Tuhkan berati yang ngomong setiap hari soalnya beda tuh gak bener ya, soalnya w hari pertama juga itu soalnya," curhat lainnya.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Komentar