facebook

Daftar Barang yang Dilarang Dibawa di Pesawat dan Konsekuensinya Jika Melanggar

Farah Nabilla
Daftar Barang yang Dilarang Dibawa di Pesawat dan Konsekuensinya Jika Melanggar
Ilustrasi seorang pria menunggu pesawat di bandara (Unsplash/JESHOOTS)

Memasuki masa keberangkatan haji, para jemaah diharapkan untuk memperhatikan ketentuan barang bawaan. Simak daftar barang yang dilarang pesawat berikut.

Suara.com - Sebentar lagi, para jemaah dan panitia penyelenggara ibadah haji akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Adapun mereka telah mempersiapkan berbagai hal termasuk barang bawaan yang akan menemani mereka ketika menunaikan ibadah wajib tersebut.

Tentu, tak sembarang barang bawaan bisa diangkut. Bahkan, beberapa barang-barang umum yang terlihat tidak berbahaya juga dilarang dibawa ke pesawat. 

Pasalnya, ada aturan ketat terkait barang-barang yang dinilai dapat mengancam keselamatan di pesawat. 

Berikut adalah daftar barang yang dilarang dibawa ke pesawat.

Baca Juga: Jemaah Calon Haji Sumsel Diingatkan Selalu Pakai Gelang Identitas

1. Cairan dalam botol melebihi volume 100 ml

Pada umumnya, maskapai melarang penumpang untuk membawa cairan yang melebihi volume 100 ml. Tak hanya itu, botol juga tidak boleh memiliki tutup botol yang menggunakan engsel seperti botol sampo dan sabun cair.

Pakar transportasi Jehan Azad mengungkap bahwa alasan pelarangan tersebut terkait dengan perbedaan tekanan udara di pesawat yang drastis. 

Perbedaan tekanan udara di pesawat sangat jauh dengan di darat, lantaran semakin tinggi ketinggian permukaan, maka semakin rendah tekanan udaranya.

Hal tersebut akan mengakibatkan botol tak mampu menahan perbedaan tekanan dan isi botol akan keluar ke mana-mana hingga membahayakan seisi kabin pesawat.

Baca Juga: Beda Waktu di Indonesia dengan Makkah, Penting Untuk Dicatat Jemaah Haji

2. Bantal

Komentar