facebook

Lebaran Haji Tanggal Berapa? Cek Informasi Jadwal Hari Raya Idul Adha 2022 Berikut

Rifan Aditya
Lebaran Haji Tanggal Berapa? Cek Informasi Jadwal Hari Raya Idul Adha 2022 Berikut
Lebaran Haji tanggal berapa - Ilustrasi jemaah haji (Unsplash/ibrahim uz)

Dalam menentukan Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji, masyarakat harus menunggu hasil sidang isbat dari Pemerintah terlebih dahulu.

Suara.com - Tidak lama lagi, umat Muslim akan merayakan Lebaran Haji atau Hari Raya Idul Adha 2022. Apa anda sudah tahu Lebaran Haji tanggal berapa?

Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Sampai saat ini, masih banyak yang penasaran Lebaran Haji tanggal berapa

Dalam menentukan Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji, masyarakat harus menunggu hasil sidang isbat dari Pemerintah terlebih dahulu. 

Penetapan Lebaran Haji 2022 Menurut Muhammadiyah

Baca Juga: Hari Idul Adha 2022 Berbeda? MUI Minta Tunggu Hasil Rukhiyatul Hilal

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan penetapan Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji 2022. Ketentuan tersebut sesuai dengan Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah 1443 Hijriah.

Menurut Muhammadiyah, tanggal 10 Zulhijah 1443 H atau Hari Raya Idul Adha 2022 jatuh pada hari Sabtu Legi, tanggal 9 Juli 2022 M.

Penetapan Lebaran Haji 2022 Menurut Pemerintah

Sementara itu, dalam menetapkan Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat. Namun, hingga saat ini belum ada pemberitahuan mengenai kapan akan digelarnya sidang isbat penentuan Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji 2022.

Menurut sidang isbat Ramadhan dan Lebaran sebelumnya, sidang isbat akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam, serta beberapa instansi lain. Sidang isbat sebelumnya juga digelar secara hybrid, yaitu daring dan luring. Lantas, bagaimana dengan sidang isbat untuk menentukan Lebaran Haji tanggal berapa ini?

Baca Juga: Kapan Idul Adha 2022? BRIN Sebut Ada Potensi Hari Raya Kurban Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin mengimbau semua pihak untuk menunggu hasil sidang isbat. Rencananya, sidang isbat penentuan hari raya Idul Adha 2022 akan digelar pada akhir Juni 2022.

Komentar