facebook

Minta Tertib Lalu Lintas, Kakorlantas Dorong Masyarakat Jadi Polisi Bagi Dirinya Sendiri

Chandra Iswinarno | Muhammad Yasir
Minta Tertib Lalu Lintas, Kakorlantas Dorong Masyarakat Jadi Polisi Bagi Dirinya Sendiri
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. [Dok. Polri]

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengingatkan masyarakat khususnya pengguna jalan untuk lebih disiplin dan tertib lalu lintas.

Suara.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengingatkan masyarakat khususnya pengguna jalan untuk lebih disiplin dan tertib lalu lintas. Dia bahkan mendorong masyarakat untuk menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

Firman menyampaikan hal tersebut dalam acara Road Safety Campaign atau Kampanye Keselamatan Jalan Raya di Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Minggu (3/7/2022) pagi tadi. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke-76.

Menurut Firman imbauan dan dorongan ini dia sampaikan dengan harapan dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas menyusul meningkatnya kedisiplinan masyarakat.

"Saya selalu menyampaikan dan selalu mengajak jangan sampai hilang kepedulian kita terhadap sesama, dengan mengajak tertib berlalu lintas itu kita sudah menunjukan kepedulian itu sendiri," kata Firman.

Baca Juga: Korlantas Gunakan 700an Kamera Ponsel untuk Tilang Elektronik

"Dan target kita cukup besar, cukup jauh, bagaimana kita menjadikan kita masing-masing menjadi polisi bagi diri kita masing-masing," imbuhnya.

Sementara di sisi lain, Firman menilai meningkatnya kedisiplinan masyarakat juga akan berdampak terhadap menurunnya angka kecelakaan dan fatalitas di jalan.

Firman mengklaim untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas Korlantas Polri juga melaksanakan Art Policing yang merupakan langkah upaya pemolisian dengan pendekatan seni budaya.

"Di mana dalam mewujudkan keteraturan sosial dan peradaban dibutuhkan pendekatan-pendekatan pemolisian dengan melihat latar belakang budaya dan sosial masyarakat," katanya.

Baca Juga: Termasuk Jateng, Korlantas Polri Catat Baru Tiga Polda Terapkan ETLE Mobile Kamera Ponsel

Komentar