facebook

Bacaan Doa Qunut Latin dan Artinya, Lengkap dengan Tata Cara Membacanya

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Doa Qunut Latin dan Artinya, Lengkap dengan Tata Cara Membacanya
Ilustrasi Berdoa - Bacaan Doa Qunut Latin dan Artinya Lengkap dengan Tata Cara (Pixabay)

Doa qunut merupakan sebuah amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika mengerjakan sholat. Simak bacaan doa qunut latin dan artinya berikut.

Suara.com - Doa qunut merupakan sebuah amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika mengerjakan sholat. Terdapat beberapa macam doa qunut, seperti doa qunut subuh, doa qunut sholat witir saat masuk paruh akhir di bulan Ramaddan, dan doa qunut nazilah. Simak bacaan doa qunut latin dan artinya berikut. 

Doa qunut subuh sendiri dibaca ketika memasuki rakaat kedua, yaitu pada saat masih di posisi berdiri setelah membaca bacaan i'tidal. Meski dianjurkan, namun para ulama masih berbeda pendapat memgenai anjuran membaca doa qunut latin dan artinya, termasuk juga doa qunut pada saat sholat subuh.  

Sementara itu, melansir dari Nu Online membaca doa qunut latin dan artinya saat sholat subuh adalah hal yang sunnah dan dianjurkan yang datang dari para ulama mazhab Syafi’i dan Maliki. Salah satu dasar dari pendapat mengenai doa qunut subuh yaitu hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, artinya: 

"Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia," (HR. Ahmad). 

Baca Juga: Hukum Tidak Membaca Doa Qunut Sholat Subuh, Apakah Boleh?

Sedangkan menurut Imam Nawawi, hukum membaca doa qunut latin dan artinya saat sholat subuh yaitu sunnah muakkadah atau hal sangat dianjurkan. Berdasarkan pendapat Imam Nawawi, meninggalkan doa qunut subuh memang ridak akan membatalkan sholat subuh.

Tetapi, umat muslim dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi ketika ia tidak membaca doa qunut subuh pada saat rakaat kedua sholat subuh, baik secara sengaja maupun tidak. 

Disisi lain, para ulama mazhab Hanbali dan Hanafi berpendapat jika membaca doa qunut latin dan artinya bukanlah hal yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat mengerjakan sholat Subuh. Landasannya berdasarkan hadits: 

"Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat sholat fajar (salat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum," (HR Muslim). 

Tata Cara Membaca Doa Qunut Subuh 

Baca Juga: Doa Qunut Nazilah Bahasa Indonesia dan Artinya, Amalkan saat Dapat Masalah Hidup

Doa qunut latin dan artinya pada saat sholat subuh dibaca ketika umat muslim memasuki rakaat kedua, yakni pada saat masih dalam posisi berdiri setelah membaca i'tidal. Tepatnya, yaitu pada saat berdiri setelah gerakan rukuk dan sebelum sujud pertama. 

Komentar