facebook

Apa Itu Citayam Fashion Week? Fenomena yang Lagi Viral di Kawasan Sudirman

Agatha Vidya Nariswari
Apa Itu Citayam Fashion Week? Fenomena yang Lagi Viral di Kawasan Sudirman
Ilustrasi fenomena ABG Citayam di Sudirman (Foto: Tangkapan layar YouTube Sipasan Channel)

Citayam Fashion Week kini menjadi salah satu kegiatan rutin para kawula muda di Jakarta.

Suara.com - Istilah Citayam Fashion Week kini tengah viral dan menjadi perbincangan masyarakat. Istilah itu dikaitkan dengan tren street fashion di kalangan remaja yang biasa nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Setidaknya, ada ratusan bahkan ribuan anak muda yang memadati kawasan Jakarta Pusat mulai dari kawasan Sudirman, Gatot Subroto, dan sekitarnya untuk beramai-ramai "tampil" dengan selera busananya masing masing.

Lalu, apa itu Citayam Fashion Week?

Citayam Fashion Week ini muncul ketika ada banyak konten video di Tiktok yang menampilkan berbagai wawancara suatu akun dengan para kawula muda yang sedang asyik nongkrong dan berkumpul dengan teman temannya di sekitaran Sudirman.

Baca Juga: Kisah Remaja Citayam di Sudirman Bikin Heboh Publik, Pengamat Sarankan Rajin Tengok Konten Mereka

Dalam banyak wawancara tersebut, beberapa dari mereka mengaku berasal dari Citayam hingga kawasan Bojonggede dan rela berangkat jauh dari sana untuk sekadar menghabiskan waktu dan "beradu" fashion dengan para anak muda lainnya.

Tak ayal, fenomena anak muda dari Citayam inipun seolah membuat banyak orang semakin penasaran dan ikut memadati kawasan Jakarta Pusat.

Mereka tak hanya nongkrong, chit chat, atau sekadar adu gaya. Bahkan beberapa dari mereka mengaku sengaja dari jauh datang ke sana untuk mencari pasangan atau pacar. 

Sebutan Citayam Fashion Week ini pun sempat diungkap karena para anak muda tersebut ingin "show" berlenggak lenggok di depan banyak orang seolah sedang berada di panggung Paris Fashion Week. Tak jarang, mereka saling ledek karena merasa selera fashion mereka paling keren.

Fenomena ini tentu menjadi sorotan masyarakat, terutama para pekerja di daerah Sudirman yang mengaku lumayan terganggu dengan segerombolan anak muda yang terkadang sengaja duduk di trotoar jalan Sudirman hingga memenuhi hampir setengah jalan sehingga para pekerja yang pulang dari kantor merasa risih dengan keberadaan mereka.

Baca Juga: Gegara Anak Citayam Kuasai Kawasan Sudirman, Penjual Starling Ini Kecipratan Rezeki Nomplok

Para anak muda dari Citayam ini pun mengaku bahwa akan meneruskan budaya "Citayam Fashion Week" ini sebagai bentuk ekspresi mereka. Walaupun begitu, kehadiran mereka sempat disinggung oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan yang mengaku akan segera membangun ruang publik agar bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar Jakarta, seperti Citayam.

Kontributor : Dea Nabila

Komentar