facebook

Habitat Kucing Liar Kalimantan Semakin Berkurang karena Perburuan

Pebriansyah Ariefana
Habitat Kucing Liar Kalimantan Semakin Berkurang karena Perburuan
Habitat kucing liar Kalimantan semakin berkurang karena aktivitas perburuan. (Antara)

Ada 4 spesies kucing liar Kalimantan yang jadi buruan.

Suara.com - Habitat kucing liar Kalimantan semakin berkurang karena aktivitas perburuan. Ada 4 spesies kucing liar Kalimantan yang jadi buruan.

Keempat spesies tersebut adalah kucing pesek (Prionailurus planiceps), kucing merah (Catopuma badia), kucing batu (Pardofelis marmorata), dan macan dahan (Neofelis diardi)

Selain keempat spesies tersebut, juga ada kucing kuwuk (Prionailurus bengalensis) yang juga hidup di Pulau Kalimantan yang memiliki status konservasi "least concern" (LC) atau berisiko rendah.

Hal itu dikatakan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah Nur Patria Kurniawan.

Baca Juga: Gajah Sumatera Sedang Hamil Ditemukan Mati di Lahan Konsesi Perusahaan

"Keempat spesies tersebut adalah kucing pesek (Prionailurus planiceps), kucing merah (Catopuma badia), kucing batu (Pardofelis marmorata), dan macan dahan (Neofelis diardi)," kata Nur Patria di Palangka Raya, Kamis.

Saat ini data terkait kucing liar di Kalimantan masih sangat minimal.

Untuk itu BKSDA Kalteng bersama Yayasan Borneo Nature Indonesia (BNF) pada 23 Juni lalu telah menggelar "workshop".

Kegiatan yang fokus tentang pengembangan strategi konservasi spesies kucing liar di Provinsi Kalteng itu turut mempertemukan berbagai instansi atau lembaga pemerintahan, swasta, universitas dan LSM yang telah maupun sedang bekerja untuk kucing liar.

"Acara itu juga untuk memberi informasi terkait peluang kegiatan, baik riset maupun implementasi konservasi kucing liar dilindungi di Provinsi Kalimantan Tengah," katanya.

Baca Juga: Begini Jadinya Jika Toyota Vios Pindah Habitat: Jadi Mobil Pembajak Sawah, Wujudnya Bikin Salah Fokus

Kemudian itu juga untuk mengumpulkan informasi awal keberadaan kucing liar, dapat memberikan penilaian terkait ancaman utama serta pengembangan strategi konservasi yang cocok untuk melindungi spesies kucing liar terancam punah.

Komentar