Apa Itu Sahabat Polisi? Pihak yang Minta Najwa Shihab Minta Maaf ke Polisi

Ruth Meliana Dwi Indriani
Apa Itu Sahabat Polisi? Pihak yang Minta Najwa Shihab Minta Maaf ke Polisi
Apa itu Sahabat Polisi? (sahabat-polisi.or.id)

Sahabat Polisi Indonesia tengah menjadi perbincangan lantaran berkaitan dengan pernyataan Najwa Shihab. Berikut penjelasan tentang Sahabat Polisi Indonesia.

Suara.com - Sahabat Polisi Indonesia tengah menjadi perbincangan lantaran berkaitan dengan pernyataan Najwa Shihab tentang ‘jangan mau ditakut-takuti polisi’. Banyak pihak yang mendukung tapi banyak pula yang menghujat Najwa Shihab.

Salah satu pihak yang turut mengomentari pernyataan Najwa Shihab adalah Direktur Sosial dan Budaya Sahabat Polisi Indonesia, Tengku Zanzabela.

"Bijaklah berpikir dan bersikap, karena masih banyak polisi di daerah yang hidup jauh dari kata mapan. Coba lah hidup bersama dengan kondisi Polri lebih lama lagi. Pelajari dan cermati apa yang ada sebenarnya teliti secara komprehensif dan objektif," ujar Zanzabela.

Sahabat Polisi yang meminta Najwa Shihab minta maaf ke polisi ini langsung mendapat reaksi negatif dari masyarakat. Terlebih masyarakat cenderung memiliki kesan kurang baik terhadap kinerja Polri.

Baca Juga: Kronologi Mahasiswa UI Tewas Ditabrak Pensiunan Polisi Malah Jadi Tersangka

Sebelumnya, Najwa Shihab menyatakan agar publik jangan mau ditakut-takuti polisi, apalagi jika polisi belum tuntas menyelesaikan kasus Ferdy Sambo.

"Jangan mau ditakut-takuti polisi, suruh urus dulu tuh Ferdy Sambo. Sepanjang apa yang kita lakukan benar, tidak merugikan orang lain, jangan mau ditakut-takuti dengan pasal," kata Najwa Shihab.

Ia juga menyindir gaya hidup mewah yang dipamerkan anggota polisi ke publik.

Berkaitan dengan perseteruan tersebut, banyak pihak yang menanyakan terkait apa itu Sahabat Polisi Indonesia. Berikut penjelasan tentang Sahabat Polisi Indonesia.

Latar Belakang Sahabat Polisi Indonesia

Baca Juga: Bunda Corla Kasihan ke Farhat Abbas Yang Beri Ancaman Bakal Laporkan ke Polisi

Sahabat Polisi Indonesia didirikan untuk menindak tegas oknum Polri yang bermasalah.

Melansir dari sahabat-polisi.or.id, pendirian Sahabat Polisi Indonesia dilatarbelakangi untuk mengembangkan paham Nasionalis Pancasila yang diwujudkan dalam semangat, wawasan dan kebangsaan yang disertai kecintaan yang mendalam terhadap Institusi Polri Sebagai Garda Terdepan dalam menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat.

Visi Misi Sahabat Polisi Indonesia

Sahabat Polisi Indonesia memiliki visi misi. Berikut visi misi Sahabat Polisi Indonesia:

Visi:

Mewujudkan partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung Institusi Polri guna menjaga ketertiban sesuai undang-undang.

Misi:

1. Mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dan UUD 45 dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

2. Membangun citra positif Polri dalam rangka penguatan Institusi dan melakukan tindakan nyata maupun penguatan wacana.

3. Melakukan pemberdayaan komunitas masyarakat dan kaum milenial dalam menanamkan taat dan sadar hukum serta kamtibmas.

4. Membangun sinergi dengan masyarakat dalam mengadvokasi demi perwujudan keadilan yang demokratis.

5. Membantu Polri dalam mensosialisasikan program-program kerakyatan.

Sosok Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia

Sahabat Polisi Indonesia dipimpin oleh Fonda Tangguh. Fonda Tangguh berkomitmen mendukung sepenuhnya langkah Kapolri dalam menjaga nama baik Polri.

Dalam laman tersebut, Fonda Tangguh selaku Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia menyampaikan perlunya mempertimbangkan kenaikan gaji anggota Kepolisian terutama bagi yang berpangkat rendah. Baginya, gaji Rp 1,6 juta untuk gaji terendah polisi itu tidak cukup.

Sahabat Polisi Indonesia juga akan melakukan konsolidasi hingga tingkat paling bawah dengan pendekatan dan metode yang tepat sasaran untuk mewujudkan cita-cita. Demikian penjelasan tentang apa itu Sahabat Polisi Indonesia.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma