Link e-Rapor SD, SMP, SMA Kurikulum Merdeka, Akses di Sini Secara Gratis

Aulia Hafisa
Link e-Rapor SD, SMP, SMA Kurikulum Merdeka, Akses di Sini Secara Gratis
Ilustrasi Akses e-Rapor - Link e-Rapor SD, SMP, SMA (Shutterstock)

Kemendikbudristek telah meluncurkan e-Rapor Kurikulum Merdeka pada Rabu (30/11/2022) lalu. Berikut link e-Rapor SD, SMP, SMA yang bisa diakses dimana dan kapan saja.

Suara.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan e-Rapor Kurikulum Merdeka pada Rabu (30/11/2022) lalu. Rapor digital ini dikhususkan untuk satuan pendidikan jenjanh SD sampai SMA. Berikut link e-Rapor SD, SMP, SMA yang bisa diakses dimana dan kapan saja. 

E-Rapor sendiri adalah sebuah sistem aplikasi berbasis web yang diharapkan dapat mengubah pola manual ke pola digital. E-Rapor dibuat dengan mengacu pada kaidah sistem penilaian ataupun asesmen sebagaimana yang termuat dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka Tahun 2022 dan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun 2022.

E-Rapor Kurikulum Merdeka telah terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik lewat web service yang disediakan oleh Dapodik. E-Rapor Kurikulum Merdeka dapat didownload dan aksed secara gratis bagi semua sekolah di Indonesia yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka baik itu melalui Program Sekolah Penggerak ataupun program Pelaksana Merdeka secara Mandiri (IKM) . 

Kehadiran e-Rapor ini dinilai akan memudahkan guru-guru dalam mengisi serta menginput data siswa karena dapat dilakukan di mana saja asal terhubung dengan internet. Selain itu, dengan e-Rapor juga memudahkan guru-guru untuk melihat nilai atau capaian kompetensi, dan evaluasi, hasil belajar hingga pencetakan rapor para siswanya. 

Baca Juga: Update Kabar Tunjangan Profesi Guru 2022 Akan Dihapus, Ada Angin Segar untuk Guru Swasta

Kedepannya e-Rapor juga diharapkan bisa dipakai oleh administrator sistem dapodik dan dapat dugunakan oleh guru maupun murid. Kehadiran e-Rapor yang dinilai dapat meringankan beban administrasi guru ini membuat aplikasi ini akan terus dikembangkan. 

Link e-Rapor SD, SMP, SMA 

E-Rapor saat ini dapat digunakan untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), dan Pelatihan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Berikut ini adalah link unduh e-Rapor Kurikulum Merdeka, bagi yang memerlukan, silahkan klik tautan berikut ini: 

• SD: ditpsd.kemdikbud.go.id  

• SMP: ditsmp.kemdikbud.go.id 

Baca Juga: Kemendikbudristek Diminta Evaluasi Jalur Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN

• SMA: sma.kemdikbud.go.id 

• SMK: smk.kemdikbud.go.id 

• PMPK: pmpk.kemdikbud.go.id 

Komponen e-Rapor 

Komponen yang terdapat dalam e-Rapor peserta didik SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK ataupun sederajat: 

1. Identitas peserta didik 

2. Nama satuan pendidikan 

3. Kelas peserta didik 

4. Semester peserta didik 

5. Mata pelajaran 

6. Nilai peserta didik 

7. Deskripsi 

8. Catatan guru 

9. Presensi peserta didik 

10. Kegiatan ekstrakurikuler 

Itulah tadi informai seputar link e-Rapor SD, SMP, SMA yang berisi tentang hasil siswa selama belajar. Dengan adanya e-Rapor ini memungkinkan para guru untuk lebih mudah berkomunikasi dengan orang tua atau wali dalam melaporkan hasil pembelajaran peserta didik. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari