Sakral Banget! 4 Larangan Buat Tamu Pernikahan Kaesang dan Erina

Farah Nabilla
Sakral Banget! 4 Larangan Buat Tamu Pernikahan Kaesang dan Erina
Potret Kaesang-Erina (Instagram/@kaesangp)

Para tamu undangan akan hadir dengan catatan mematuhi aturan tertentu. Apa saja?

Suara.com - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ternyata punya beberapa aturan dan larangan yang wajib dipatuhi para tamu undangan.

Rangkaian pernikahan yang panjang, lokasi, hingga budaya yang diterapkan keluarga membuat keluarga Joko Widodo dan Iriana harus menerapkan beberapa larangan ketika prosesi.

Diketahui, hari pernikahan Kaesang dan Erina ini akan digelar pada Sabtu, 10 Desember 2022 d Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah itu, rangkaian acara akan berpindah ke kampung halaman Kaesang di Surakarta.

Di Solo inilah para tamu undangan akan hadir dengan catatan mematuhi aturan tertentu. Apa saja?

Baca Juga: Erina Gudono Unggah Potret Kaesang Pangarep Cemberut Gegara Kepanasan, Warganet Malah Salfok dengan Gaya Rambutnya: Kayak Paspampres

1. Tak Boleh Menyumbang

Gibran Rakabuming Raka kakak Kaesang sekaligus Wali Kota Solo menegaskan, acara pernikahan adiknya tidak menerima sumbangan. Hal itu sudah dilakukan sejak dirinya menikah dengan Selvi Ananda.

"Iya memang (tidak menerima sumbangan). Zamanku kan yo ra (tidak) menerima sumbangan, nggak ada sumbangan ya, nggak usah bawa (sumbangan," ujar Gibran kepada awak media di Balai Kota Solo, Senin (5/12/2022).

Dia menjelaskan, acara pernikahan Kaesang-Erina tidak menerima sumbangan karena status sang ayah yakni Presiden Jokowi merupakan Kepala Negara. Selain itu, keluarganya juga tidak ingin merepotkan para tamu.

"Kita didatangi tamu undangan bisa rawuh (datang) saja sudah senang," ucapnya.

Baca Juga: Erina Gudono Ungkap Kaesang Pangarep adalah Pria yang Baik, Tapi Mukanya Bisa Berubah Kalau Kepanasan

2. Dilarang Pakai Batik Parang Lereng