Secepat Mobil F1, Hypercar Aston Martin Ambil Nama Dewi Nordik

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Secepat Mobil F1, Hypercar Aston Martin Ambil Nama Dewi Nordik
Aston Martin Valkyrie diklaim punya kecepatan setara dengan mobil-mobil balap Formula 1 (www.astonmartin.com/suara.com).

"Ini adalah tentang kekuatan perempuan."

Suara.com - Sejak informasinya tersebar beberapa tahun belakangan ini, hypercar Aston Martin yang sekencang mobil balap Formula One (F1) hanya dikenal kode AM-RB 001. Aston Martin pun akhirnya mengumumkan nama kendaraan super cepat itu: Valkyrie.

Terungkapnya nama hypercar Aston Martin tersebut sekaligus mengakhiri panggilan 'AM-RB 001' bagi mobil hasil kolaborasi Aston Martin dengan Red Bull Racing ini.

Penyematan nama Valkyrie, menurut laman daring Motor1 pada Selasa (7/3/2017), melanjutkan tradisi Aston Martin untuk memberikan awalan huruf 'V' bagi mobil-mobil beperforma tinggi mereka sejak 1951 seperti Vantage, Virage, Vanquish, dan Vulcan.

"V telah menjadi bagian penting dari sejarah kami selama 50 tahun. Kami telah menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang ini dan Valkyrie, tak ada yang lebih baik dari nama itu," kata Chief Creative Officer Aston Martin, Marek Reichman kepada The Verge.

Valkyrie adalah nama salah satu dewi dalam mitologi Nordik. Dalam kisah pagan Nordik, Valkyrie adalah pelayan dewa Odin. Ia yang bertugas menentukan kesatria mana yang tewas dan hidup dalam peperangan. Mereka yang tewas akan dibawa ke Valhalla, balairung di istana Odin.

"Ini adalah tentang kekuatan perempuan," tegas Reichman.

Nama ini seolah-olah mantra yang menambah kekuatan hypercar Aston Martin yang memang mempunyai spesifikasi sangat buas. Sasisnya model monoque dari serat karbon, dengan rem kaliper plus cakram karbon seperti mobil-mobil F1.

Dapur pacunya dipersenjatai mesin naturally-aspirated 6.5 l V12 plus transmisi tujuh percepatan. Mesin ini digabungkan dengan teknologi pemanfaatan tenaga dari F1 yang menangkap energi dari pengereman dan menjadikannya tenaga tambahan bagi mesin.

Adapun gelontoran dayanya mampu mencapai 900bhp. Valkyrie hanya dibuat sebanyak 150 unit di seluruh dunia, dan semuanya sudah dipesan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS