Mobil Tempur Buatan Anak Negeri dipakai Pasukan Keamanan PBB, Bangga!

Angga Roni Priambodo
Mobil Tempur Buatan Anak Negeri dipakai Pasukan Keamanan PBB, Bangga!
Ilustrasi rantis Pindad untuk keperluan militer. [suara.com/Erick Tanjung]

Mobil tempur tersebut juga bisa dipesan untuk versi sipilnya.

Suara.com - Indonesia memang belum memiliki mobil nasional yang diproduksi secara massal. Namun masalah kemampuan untuk membuat beraneka macam kendaraan, jangan pernah menyepelekan kemampuan anak negeri. Kendaraan tempur ini jadi contohnya.

Mobil tempur buatan Indonesia bernama Komodo ini bahkan sudah go international lantaran dipakai oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk misi perdamaian di Kongo, Afrika. Mobil termpur alias rantis (kendaraan taktis) ini buatan PT Pindad (Persero), sebuah jip tempur lapis baja yang didesain untuk mampu 'melahap' beraneka karakter medan pertempuran.

Pindad Komodo versi Komando. (Twitter/@Cakra_Kostrad)
Pindad Komodo versi Komando. (Twitter/@Cakra_Kostrad)

Pindad Komodo dibuat dalam lima varian, V1 untuk varian intai, V2 untuk varian APC (Armoured Personnel Carrier) alias unit angkut pasukan, V3 untuk varian komando,V5 untuk angkut rudal dan V5 untuk varian khusus.

Dengan mesin diesel berkapasitas 5.193 cc, kendaraan taktis satu ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 215 ps. Tak hanya itu, kendaraan berbobot 25 ton ini dilengkapi dengan kaca dan body anti peluru yang mampu menahan peluru dengan kaliber 7.62 mm.

PT Pindad juga menerima pesanan Pindad Komodo untuk sipil, alias diproduksi untuk umum. Namun kabarnya tentu ada pengurangan spesifikasi dibandingkan versi militer. Tak hanya itu, kendaraan ini juga dapat dipesan langsung ke Pindad dengan harga sekitar Rp 2 miliar, tergantung tipe pesanan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS