Seru, Jet Formula UGM Bakal Bertarung di Jepang

RR Ukirsari Manggalani
Seru, Jet Formula UGM Bakal Bertarung di Jepang
Jet Formula UGM untuk kejuaraan Formula SAE Jepang [Suara.com/Putu Ayu Palupi].

Indonesia tempatkan wakilnya dalam kejuaraan desain dan balap FSAEJ milik industri otomotif Jepang.

Suara.com - Tim mobil formula Universitas Gadjah Mada (UGM), Bimasakti Racing Team akan kembali bertarung di kelas Student Formula Japan pada 27-31 Agustus 2019 dalam gelaran "2019 Student Formula Japan – Monozukuri Design Competition".

Siap tampil dengan nomor start 22, gelaran Formula SAE Japan (FSAEJ) bakal dipentaskan di ECOPA (Ogasayama Sports Park), Shizouka, Jepang.

Mobil peserta melaju saat mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2018 di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Rabu (28/11/2018). Kontes Mobil Hemat Energi dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi itu melombakan mobil kreasi mahasiswa yang berasal dari 45 perguruan tinggi yang terbagi dalam 71 tim dan berlangsung hingga 1 Desember 2018.[ ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi]
Karya para mahasiswa dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2018 di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Rabu (28/11/2018). Kontes Mobil Hemat Energi dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi itu melombakan mobil kreasi mahasiswa yang berasal dari 45 perguruan tinggi yang terbagi dalam 71 tim dan berlangsung hingga 1 Desember 2018. Sebagai ilustrasi karya mahasiswa [ ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi]

Sebagai catatan, Formula SAE Japan atau FSAEJ adalah kejuaraan yang digelar bagi para mahasiswa untuk mengembangkan skill mereka terhadap "Mono-Zukuri" yang tak lain adalah perluasan bidang industri otomotif Jepang.

Ditandingkan mulai 2003, tergolong sebagai bagian dari aktivitas publik, para mahasiswa diajak berkreasi di sini, yang menjadi wadah training bagi siapapun yang kelak ingin terjun dalam bidang industri otomotif.

Memasuki generasi ke-8, tim yang siap berangkat ke Jepang di antaranya Muhammad Kamal Ardi Putra (Teknik Mesin 2015) sebagai Team Captain, Cahyo Wibi Yogiswara (Teknik Mesin 2016) sebagai Chief of Technical Division, dan Made Bilan Asasia Binov (Manajemen 2016) sebagai Chief of Management Division. Berbeda dari sebelumnya, tim ini memperbaiki sejumlah kekurangan tunggangan pada kompetisi sebelumnya.

"Mobil kami sekarang lebih ringan, lincah, aerodinamis dan ergonomis," papar Muhammad Kamal Ardi Putra yang menjadi ketua tim di kampus UGM, pada Rabu (7/8/2019).

Menurut lelaki yang disapa sebagai Kamal itu, mereka menerapkan prinsip ergonomika pada bagian kokpit. Hal itu dilakukan agar memudahkan pengendalian mobil serta memperhatikan segi kenyamanan driver.

Sementara buat spesifikasi mesin, jet besutan tim UGM ini mengandalkan mesin KTM 450 SX-F 2019 dilengkapi fitur launch control. Perbaikan dilakukan untuk meminimalkan kejadian selip pada ban belakang saat melakukan start.

Mesin itu juga cukup ringan dan memiliki torsi besar di putaran mesin rendah. Dengan demikian, cocok digunakan untuk sirkuit yang memiliki banyak belokan dan trek lurus pendek.

"Mobil kami juga menerapkan anti roll bar sehingga mampu meningkatkan roll moment inertia pada mobil dan untuk meningkatkan traksi pada ban saat bermanuver," jelasnya.

Kamal berharap, tahun ini mereka mampu meraih prestasi laiknya tahun lalu. Pada 2018, Bimasakti meraih peringkat ke-3 kategori Bussiness Presentation Event di Student Formula SAE Competition of Japan 16th 2018.

Tim kebanggaan UGM ini juga meraih Jama Chairman Award, ditujukan bagi tim yang berhasil melewati semua rangkaian kejuaraan tanpa nilai penalti, mulai dari registrasi, submit dokumen, maupun inspeksi teknis. Sebelumnya, mereka juga telah mengantongi kemenangan dari balap ketahanan di peringkat pertama, yaitu sebagai peraih 1st Place Endurance Event Southeast Asia. Juga 10th Place Skidpad Event, serta 26th Overall Rank of 2018 Student Formula Japan.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS