Wajib Dicatat, Inilah Tips Berkendara di Tengah Cuaca Panas Ekstrem

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Wajib Dicatat, Inilah Tips Berkendara di Tengah Cuaca Panas Ekstrem
Pemotor Lewat Jalan ke Gunung Kelud. (Facebook/Brama)

Indonesia tengah dilanda cuaca panas ekstrem.

Suara.com - Beberapa daerah di Indonesia dikabarkan mengalami cuaca panas ekstrem. Kegiatan di luar ruangan pun terasa lebih melalahkan. Namun jika terpaksa motoran alias berkendara di tengah cuaca panas ekstrem, cobalah ikuti 5 tips berikut ini.

Mengutip dari situs resminya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun menjelaskan kenapa cuaca panas ekstrem melanda Indonesia.

Dijelaskan suhu panas berada di selatan khatulistiwa, dan berkaitan dengan gerak semu matahari. Matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan terus bergerak ke belahan bumi selatan hingga bulan Desember.

Alhasil pada bulan Oktober, posisi semu matahari berada di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan. Suhu terpanas yang tercatat oleh BMKG, pada 20 Oktober 2019 adalah 38.8 derajac celsius di Makassar.

Jika ingin tetap berkendara di tengah cuaca panas ekstrem, yuk simak tujuh tips berikut ini:

1. Gunakan Jaket

Meski cuaca sangat panas, bukan berarti kita bisa berkendara dengan kaus yang tipis, ya. Sebaliknya, penggunaan jaket malah direkomendasikan agar bisa melindungi kulit dari teriknya panas matahari.

Tapi yang perlu dicatat adalah, pastikan bahwa jaket yang digunakan juga terdapat saluran ventilasi. 

Design Corse menyebut bahwa jaket yang cocok digunakan di tengah cuaca panas ekstrem adalah yang memiliki panel mesh, yang memberi ruang untuk bernafas.

2. Sarung Tangan

Kesadaran akan penggunaan sarung tangan di tengah cuaca panas ekstrem memang sudah cukup baik.

Tapi sama seperti jaket, pilihlah sarung tangan yang ada ventilasi udaranya. Sarung tangan jenis tersebut bisa membuat kulit tangan lebih sejuk.

3. Gunakan Tabir Surya

Tabir Surya Semprot. (Shutterstock)
Tabir Surya Semprot. (Shutterstock)

Tabir surya digunakan untuk melindungi kulit dari sengatan panas matahari. Penggunaan tabir surya bisa digunakan di beberapa bagian tubuh seperti bagian belakang leher hingga ke bagian wajah.

4. Pakai Kaus

Pilihlah kaus yang bisa menyerap keringat dengan baik. Hal ini wajib dilakukan, apalagi ketika hendak berkendara dalam jarak yang cukup jauh dan memakan waktu.

5. Gunakan Kacamata

Menggunakan Kacamata Gelap. (Motoress)
Menggunakan Kacamata Gelap. (Motoress)

Kaca mata digunakan agar menjaga mata tidak cepat lelah. Pilih kacamata gelap dan bila perlu yang sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung ultraviolet.

6. Minum Air yang Cukup

Berkendara di tengah cuaca panas ekstrem, berpotensi membuat tubuh mengeluarkan keringat lebih.

Saat itu lah cairan tubuh berkurang dan minum air putih adalah cara sederhana untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

7. Banyak Istirahat

Boleh jadi tubuh masih terasa fit untuk melakukan perjalanan di atas kuda besi kesayangan. Tapi ingat, karena berkendara di bawah cuaca panas ekstrem lebih menguras tenaga, disarankan untuk banyak beristirahat di tempat yang sejuk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS