Rem Blong di Turunan Curam, Pemotor Honda Vario Lempar Motor ke Rumah Warga

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Rem Blong di Turunan Curam, Pemotor Honda Vario Lempar Motor ke Rumah Warga
Honda Vario Rem Blong. (Facebook)

Demi menyelamatkan diri, pengendara Honda Vario lompat dari motornya dan melempar motornya ke pekarangan rumah warga.

Suara.com - Seorang pengendara skuter matik Honda Vario hampir celaka karena rem motornya blong ketika melintasi turunan curam. Demi menyelamatkan diri, ia pun lompat dari motor dan melempar motornya ke pekarangan rumah warga.

Padahal, menurut pengakuan si pemotor, tidak ada masalah pada sistem pengereman. Bahkan kampas rem depannya pun masih tebal.

Melalui jejaring Facebook, warganet bernama Priyan menjelaskan kronologi kejadian yang hampir membuatnya mencium aspal itu.

"Curhat, mbah. Saya hampir celaka, Alhamdulillah masih diberi keselamatan. Pakai motor ini (Honda Vario) niatnya mau ambil mobil," buka Priyan.

Baca Juga: Pemakaman Remaja Ini Diikuti Ribuan Mobil Sport dan 70 Sepeda Motor

Ia melanjutkan "Katanya kalau lewat jalan turunan yang agak curam, kalau di rem terus bisa blong. Lha ini tadi jarang ngerem, pas di turunan tajam kok ngeblong ya, remnya? Langsung tak lempar ke pekarangan rumah warga,"

Honda Vario Rem Blong. (Facebook)
Honda Vario Rem Blong. (Facebook)

Sebagai informasi, ketika melewati jalan menurun memang tidak disarankan menekan rem terus menerus. Karena malah bisa menyebabkan piringan cakram panas dan malah menjadikan rem blong.

Tapi memang pada sistem pengereman Honda Vario yang menggunakan Combi Brake System (CBS), rem depan (cakram) akan bekerja saat tuas rem belakang juga ditarik.

"Sempat berpikir mau tak tabrakin ke cor-coran tapi karena melihat ada jalan menuju rumah warga, Alhamdulillah selamat. Padahal kampas masih tebal juga," jelas Priyan.

Jika teknik pengereman yang dilakukan Priyan sudah benar, lantas kenapa ia masih mengalami rem blong?

Baca Juga: Jajal Motor Balap Honda, Alex Marquez Langsung Terjatuh saat Tes Valencia

Menurut warganet bernama Junaidi, rem blong terjadi karena kondisi minyak rem "Minyak rem sudah bercampur uap air, sehingga titik didihnya turun drastis...Rekomendasi pas dulu ikut safety riding adalah: minyak rem diganti berkala setahun sekali,"

Komentar