Imbas Banjir, Aturan Ganjil Genap Tidak Diberlakukan Hari Ini

RR Ukirsari Manggalani
Imbas Banjir, Aturan Ganjil Genap Tidak Diberlakukan Hari Ini
Warga menaiki mobil saat melintasi genangan banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Rabu (1/1/2020). Banjir tersebut disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kondisi Ibu Kota yang baru saja dilanda banjir membuat aturan ganjil genap diberlakukan seperti begini.

Suara.com - Kawasan Jabodetabek baru saja dilanda banjir. Harapannya kondisi segera membaik dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas bisa terus berlangsung.

Dipetik dari kantor berita Antara yang mengutip laman resmi Twitter @TMCPoldaMetro, pada hari ini, Kamis (2/1/2020) tidak diberlakukan aturan ganjil genap.

Khusus hari ini, kendaraan yang berpelat nomor ganjil boleh melintas saat tanggal genap dan sebaliknya. Peraturan ini berlaku di 25 titik di kawasan DKI Jakarta.

Kondisi banjir di daerah Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (1/1/2020) pagi. (Foto: Twitter / TMC Polda Metro Jaya)
Kondisi banjir di daerah Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (1/1/2020) pagi. (Foto: Twitter / TMC Polda Metro Jaya)

Pemberlakuan kebijakan tadi dikarenakan sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta masih tergenang air. Salah satu ruas yang mengalaminya adalah Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur dengan ketinggian mencapai 1 - 1,5 m dan terjadi hingga pukul 05.00 WIB.

Sebelumya, Rabu (1/1/2020) malam, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa kebijakan ganjil genap yang dilakukan untuk membatasi volume kendaraan di Jakarta khusus untuk hari Kamis ini ditiadakan.

"Kebijakan ganjil genap besok ditiadakan karena kami menyadari sebagian kawasan-kawasan yang ada di Jakarta belum tentu bisa dilewati oleh masyarakat," kata Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, kemarin malam.

Lebih lanjut, tidak diberlakukannya aturan ganjil genap masih mungkin diberlakukan pada hari berikutnya jika proses perbaikan atau pun pemulihan fasilitas-fasilitas umum di Jakarta sudah selesai.

Anies Baswedan menyarankan agar masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dari pada membawa kendaraan pribadi, karena masih banyak daerah yang terdampak banjir dan mengalami kelumpuhan jalur lalu lintas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS