5 Hits Otomotif Pagi: Skutik Nostalgia Ria Irawan, Rantis Atasi Bencana

RR Ukirsari Manggalani
5 Hits Otomotif Pagi: Skutik Nostalgia Ria Irawan, Rantis Atasi Bencana
Kendaraan amphibi Hagglunds tangani bencana di Lebak, Banten [ANTARA Foto].

Berikut lima (5) artikel rekomendasi dari kanal otomotif Suara.com, mulai pagi hingga malam tadi. Kabar duka Ria Irawan, sampai rantis atasi banjir.

Suara.com - Dunia perfilman dan sinetron Tanah Air tengah berduka atas berpulangnya salah satu aktris legendaris, Chandra Ariati Dewi Irawan atau lebih akrab dikenal sebagai Ria Irawan.

Putri bungsu pasangan artis Bambang Irawan dan Ade Irawan ini wafat kemarin setelah berjuang melawan kanker serta tumor. Salah satu kenangan terindahnya adalah dibonceng suami, Mayky Wongkar, naik skuter matik di hari pernikahan mereka.

Lantas soal bencana alam banjir yang melanda Jabodetabek saat tahun baru atau New Year’s Day 1 Januari 2020 serta banjir bandang di Lebak, Banten, kehadiran rantis atau kendaraan taktis turut membantu pemulihan kondisi pasca kejadian.

Ada dua kendaraan khas yang digunakan untuk pengiriman logistik, evakuasi korban bencana, serta pembersihan jalan raya dari lumpur. Yaitu Armoured Water Cannon atau AWC serta Hagglunds.

Berikut adalah lima (5) tautan artikel paling hits dari kanal otomotif Suara.com mulai pagi hingga malam tadi. Selamat membaca.

1. Atasi Banjir Jabodetabek dan Bencana di Lebak, Ini Potret Dua Mobil Perkasa

Dimasak langsung oleh pasukan Gegana Korps Brimob Polri untuk para warga terdampak banjir Jakarta 2020 [ANTARA Foto].
Dimasak langsung oleh pasukan Gegana Korps Brimob Polri untuk para warga terdampak banjir Jakarta 2020 [ANTARA Foto].

Beberapa kegiatan penting setelah banjir Jakarta 2020 adalah membereskan fasilitas umum agar bisa dipergunakan kembali. Contohnya ruas jalan raya terdampak air bah yang menyisakan lumpur. Sementara di Lebak, Banten, usai banjir bandang dibutuhkan penanganan pengungsi agar kebutuhan sehari-hari terpenuhi. Ada peran kendaraan otomotif kategori heavy duty untuk tugas aftermath kedua bencana itu.

Dikutip dari kantor berita Antara, Polda Metro Jaya terus mengerahkan personel dari berbagai kesatuan demi meringankan beban masyarakat di berbagai wilayah yang terdampak banjir.

Baca selengkapnya

2. Ria Irawan Tiada, Nostalgia Romantis Naik Skutik ke KUA

Aktris Ria Irawan saat ditemui di Jakarta [Suara.com].
Aktris Ria Irawan saat ditemui di Jakarta [Suara.com].

Berita duka datang dari pentas seni peran Indonesia. Aktris kenamaan Ria Irawan, atau lengkapnya Chandra Ariati Dewi Irawan, berpulang hari ini, Senin (6/1/2020) karena kanker.

Dikenal sebagai pribadi yang energetic, supel, dan bicara terus terang serta tawa khas, Ria Irawan mulai terjun ke dunia seni peran sejak usia empat tahun. Beberapa film di mana ia berperan serta kehidupan pribadinya, lekat dengan dunia otomotif.

Baca selengkapnya

3. Nekat Menembus Banjir, Waspadai Klaim Asuransi

Ilustrasi mobil menerobos banjir [Shutterstock].
Ilustrasi mobil menerobos banjir [Shutterstock].

Banjir Jakarta 2020 mulai berangsur membaik, meski demikian, genangan masih terlihat di beberapa ruas dan curah hujan juga tinggi. Disebutkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa puncak musim penghujan diperkirakan terjadi pada Februari 2020.

Hal ini berarti bahwa mobil-mobil kesayangan masih akan melaju di bawah siraman hujan, bahkan mungkin dengan intensitas tinggi. Genangan air juga jangan diabaikan, karena sudah menjadi bagian dari menu musim hujan.

Baca selengkapnya

4. Masih Rawan Banjir, Hindari Kondisi Hydrolocking

Ilustrasi sebuah mobil melewati jalanan yang dibanjiri air (Shutterstock).
Ilustrasi sebuah mobil melewati jalanan yang dibanjiri air (Shutterstock).

Selain video yang memperlihatkan kondisi beberapa mobil terbawa arus banjir Jakarta 2020, tampak pula "pemandangan" sebaliknya. Tunggangan melaju mengarungi air bah. Keren, namun membuat miris.

Bayangkan bila akhirnya laju mobil terhenti karena kompartemen mesin terperangkap air. Dikenal dengan nama "engine water hammer" atau hydrolocking, pengertiannya adalah kondisi mesin mobil mati mendadak atau mogok, karena masuknya air ke dalam ruang bakar melalui air intake.

Baca selengkapnya

5. BlackBerry Akhirnya Terjun ke Industri Otomotif, Apa yang Mereka Tawarkan?

Logo BlackBerry. [Shutterstock]
Logo BlackBerry. [Shutterstock]

Produsen smartphone ternama, BlackBerry dikabarkan bakal keluar pakem dengan 'ikut campur' dalam dunia industri otomotif.

Dilansir dari Visordown, produsen yang kerap dikenal dengan sebutan BB ini telah resmi menggandeng partner dari perusahaan otomotif, Damon Motorcycle.

Baca selengkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS