Ancaman COVID-19, Fans Sport Otomotif Tetap Berpeluang Nonton

RR Ukirsari Manggalani
Ancaman COVID-19, Fans Sport Otomotif Tetap Berpeluang Nonton
Proses konstruksi sirkuit jalan raya Hanoi yang menjadi lokasi balapan Formula 1 (F1) GP Vietnam 2020 masih dalam tahap pembangunan. Sebagai ilustrasi balap F1 2020 [AFP/Manan Vatsyayana]

Meski dibayang-bayangi wabah Wuhan Coronavirus atau COVID-19, fans balap F1 masih berpeluang nonton di Asia Tenggara.

Suara.com - Sembari menunggu serangan wabah Wuhan Coronavirus atau COVID-19 mereda, para tim balap jet darat atau Formula One (F1) bersiap membuka gelaran musim 2020 sembari melakukan sederet langkah pengamanan.

Bagi para penggemar atau fans F1, persiapan ini adalah kabar baik, meski realisasinya mesti menunggu badan-badan terkait seperti penyelenggara, panitia tuan rumah, dan kini ditambah imbauan dari departemen kesehatan setempat.

Dari pentas single seater, balap Formula E dengan bahan bakar energi alternatif berupa baterai listrik, untuk seri Sirkuit Sanya, Pulau Hainan, tidak dipentaskan. Senada, F1 Grand Prix (GP) China yang sedianya berlangsung di Sirkuit Shanghai paa 19 April 2020 juga dicoret. Dan untuk seri F1 GP Vietnam pada 5 April 2020 disebutkan akan digelar sesuai rencana.

Para driver jet darat mengawali start di F1 GP China 2019, di Sirkuit Shanghai (14/4/2019) [AFP/Greg Baker].
Para driver jet darat mengawali start di F1 GP China 2019, di Sirkuit Shanghai (14/4/2019) [AFP/Greg Baker].

Dalam upaya meminimalkan risiko serangan COVID-19 terhadap para driver F1 beserta seluruh jajaran anggota tim, penyelenggara, sekaligus penonton, langkah preventif atau pencegahan mulai diterapkan.

Pertama adalah mencoret jadwal di negara yang paling terdampak. Dalam hal ini adalah China, dengan korban meninggal tembus di atas 2.000 jiwa. Kemudian, dikutip dari kantor berita Antara, juru bicara salah satu tim yang berlaga, yaitu McLaren, mengumumkan bahwa karyawan mereka yang dijadwalkan menuju ke Melbourne, Australia lewat Hong Kong membatalkan penerbangan dan mengambil rute lain melalui Timur Tengah. Dan keputusan ini diambil sepekan setelah dibatalkannya F1 GP Grand Prix China.

Dan tak kalah penting, tim McLaren membatasi akses masuk ke motorhome di hari pertama sesi tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, kemarin (19/2/2020) sebagai langkah pencegahan terhadap ancaman COVID-19. Dikutip dari Reuters, lebih detail lagi, aturannya adalah: siapapun yang pernah mengunjungi China dalam waktu dekat dilarang masuk ke zona pertemuan dan bincang-bincang ini.

Seorang jurnalis asal China diberitakan pula telah ditolak masuk ke motorhome tim McLaren yang berlokasi di paddock sirkuit Barcelona-Catalunya.

Dan langkah yang diambil oleh tim McLaren ini adalah yang perdana dilakukan di jajaran seluruh tim balap jet darat.  Bagi para fans yang awalnya mungkin berpeluang gaul di paddock, jangan kecewa bila langkah pengamanan ini terus diberlakukan. Semuanya demi pengamanan menyebarnya virus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS