Obituari Wakil Jaksa Agung Arminsyah: Hobi Mobil, Bangun Corolla DX

RR Ukirsari Manggalani | Novian Ardiansyah
Obituari Wakil Jaksa Agung Arminsyah: Hobi Mobil, Bangun Corolla DX
Wakil Jaksa Agung Arminsyah meninggal dunia dalam kecelakaan mobil sport di Tol Jagorawi, Sabtu (4/4/2020).

Gemar dunia otomotif, Wakil Jaksa Agung Arminsyah membangun Corolla DX dan ini kronologi peristiwa nahas bersama Nissan GT-R.

Suara.com - Pada Sabtu lalu (4/4/2020),  Wakil Jaksa Agung Arminsyah mengalami kecelakaan di Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur saat mengemudikan Nissan GT-R R35 warna putih. Bersama seorang rekan, ia tengah melaku dari arah Ciawi menuju Ibu Kota.

Sampai di KM 13, sekitar pukul 14.40 WIB, supercar yang ia kemudikan berada di lajur 4 dan menabrak pembatas jalan, dan mengakibatkan mobil hangus terbakar. Wajagung dilaporkan wafat di lokasi kejadian, dan dimakamkan di TPU Pedongkelan, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Minggu (5/4/2020).

Dalam suasana berkabung, Rustam Efendi, Wali Kota Jakarta Barat dan teman satu kelas Wajagung saat bersekolah di SMA Negeri 33 Cengkareng, Jakarta Barat mengenang bahwa mendiang Arminsyah memang hobi kendaraan roda empat atau gemar mobil.

Walkot Jakbar Rustam Efendi dan Wakajagung Arminsyah. [Istimewa]
Walkot Jakbar Rustam Efendi dan Wakajagung Arminsyah. [Istimewa]

"Sudah lama beliau menyenangi mobil tua dan antik. Salah satu mobil klasik favoritnya adalah VW Combi tua tahun 1970-an," papar Rustam Efendi kepada Suara.com, pada Minggu (5/4/2020).

"Kalau hobi mobil tua saya tahu, tapi mobil sport baru kali ini saya tahu. Selama saya ke rumah almarhum, saya belum pernah lihat mobil sport di rumahnya," tukas Rustam Efendi, seraya menambahkan Wakil Jaksa Agung Arminsyah sebagai sosok, "Baik banget, cerdas, selalu juara kelas, suka membantu teman-teman, humoris, tidak pernah marah."

Sementara klub "Gazpoll Racing Team and Garage", menjadi tempat bagi Wakil Jaksa Agung Arminsyah dalam menyalurkan hobi otomotifnya. Dedy, Manager Gazpoll menyatakan bahwa almarhum mulai berkecimpung di dunia otomotif medio 2009-2010. Bersama karibnya, Tomi, Ketua Umum Gazpoll dan rekan lainnya, Arminsyah menaungi komunitas otomotif ini sebagai pembina.

"Beliau sama Oom Tomi (selaku pembina). Di Gazpoll sendiri, anggota komunitas ada yang berasal dari institusi dan pengusaha seperti Oom Tomi. Ada juga dari Kepolisian, dari tentara, yang bergabung di sana. Beliau berkumpul buat menyalurkan hobinya," demikian jelas Dedy kepada Suara.com, Minggu (5/4/2020).

 Toyota Corolla DX tahun 1982. (dok pribadi)
Toyota Corolla DX 1982 yang berada di bawah naungan komunitas Gazpoll [dok pribadi].

Ia sebutkan pula bahwa mendiang Wakil Jaksa Agung Arminsyah memiliki mobil balap pribadi, yaitu Toyota Corolla DX 1982 dan BMW E36. Beliau juga kerap turun balap di Sirkuit Sentul dalam kelas retro, yang diikuti berbagai jenis mobil klasik lansiran 1980 - 1994.

Toh belakangan Arminsyah disebutkan jarang aktif dan turun di ajang balap. Yaitu usai dirinya dilantik menjadi Wakil Jaksa Agung pada 2017.

"Sejak zamannya menjadi Wakil Jaksa Agung, beliau tidak dibolehkan oleh Jaksa Agung yang menjabat sebelumnya. Disebutkan balap adalah olah raga mewah, sehingga beliau tidak ikut. Cuma buat hiburan, event-nya jarang ikut," imbuh Dedy.

Dalam komunitas Gazpoll sendiri, sosok Arminsyah sendiri disebutkan memiliki pribadi yang baik. Bagi Dedy yang bergabung di Gazpoll pada 2012, Wakil Jaksa Agung Arminsyah sudah dianggap sebagai sosok kakak, bahkan ayah.

"Kalau di Gazpoll banyak wejangan, intinya tidak jauh berbeda. Pokoknya kerja ikhlas, menjadi kata-kata yang sudah umum. Kalau untuk saya sendiri sudah seperti ayah di komunitas, sudah seperti kakak, pokoknya semua yang menaungi kami di Gazpoll itu beliau," tandasnya.

Laman berikut adalah kronologi terjadinya kecelakaan lalu lintas atau laka lantas yang menimpa almarhum Wakil Jaksa Agung Arminsyah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS