Juga Wafat dalam Laka Lantas, Paul Walker Pernah Jajal Nissan GT-R

RR Ukirsari Manggalani
Juga Wafat dalam Laka Lantas, Paul Walker Pernah Jajal Nissan GT-R
Mendiang Paul Walker, salah satu aktor utama dalam film waralaba The Fast and The Furious [Shutterstock].

Tokoh utama "The Fast and The Furious", Paul Walker pernah jajal Nissan GT-R seperti almarhum Wakil Jaksa Agung Arminsyah.

Suara.com - Wakil Jaksa Agung Arminsyah mengalami nahas meninggal dunia pada Sabtu pekan lalu (4/4/2020) saat berada di balik kemudi Nissan GT-R R35 dan melaju di ruas jalan tol Jagorawi Km 13 arah Jakarta.

Sebagai sebuah supercar, Nissan GT-R R35 adalah penerus model legendaris Nissan Skyline GT-R dan menggendong mesin 3.8L V6 twin turbocharged 24 katup. Kemampuannya sangar, di atas kertas disebutkan mampu menghasilkan tenaga maksimum 565 PS pada 6.800 rpm, dan torsi puncak mencapai 467 Nm pada 3.300 - 5.800 rpm.

Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Arminsyah (Antara/Akbar Nugroho Gumay).
Wakil Jaksa Agung Arminsyah, saat menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Pidana Khusus [ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay]

Dan dikutip dari Testing Autos, Nissan GT-R yang menggunakan transmisi All-Wheel Drive (AWD) dioperasikan dengan kopling pre-shifted. Sehingga saat dikemudikan dalam posisi gigi satu, gigi kedua sudah melakukan persiapan dan setelah mencapai kecepatan yang sesuai untuk gigi kedua, kopling melepaskan gigi pertama, hampir bersamaan kopling gigi kedua. Itu sebabnya, supercar ini hanya perlu 0,15 detik untuk mengubah persneling ketika dikemudikan dalam mode "R".

Nissan GT-R versi Nismo sedang di uji di sebuah sirkuit di Hong Kong (Shutterstock).
Nissan GT-R NISMO sedang di uji di sebuah sirkuit di Hong Kong. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Salah satu selebriti pencinta otomotif yang pernah mencoba Nissan GT-R adalah mendiang Paul Walker. Sosok nan lekat dengan film "The Fast and The Furious" yang dibuatkan sekuel dan spin-off beberapa kali.

Dalam sebuah tayangan video Youtube GTChanel berjudul "Paul Walker Lost Footage" diperlihatkan ia tengah menghadiri sebuah acara bengkel kenamaan Nissan GT-R. Simak videonya di sini.

Dalam tayangan ini, tampak Paul Walker sangat antusias dan bergirang hati menekan pedal Nissan GT-R. Dan bisa dicatat, dalam cast di "The Fast and The Furious" sebagai polisi dalam penyamaran, Brian O'Connor, karakternya identik menunggang Nissan Skyline atau GT-R R35.

Bisa dicatat pula, bahwa video dengan penampakan kunjungan Paul Walker di bengkel Nissan kenamaan ini dirilis untuk kepentingan sosial, di mana donasi yang diperoleh dari tayangan akan disumbangkan ke Paul Walker Foundation.

Dan seperti kejadian yang menimpa Wakil Jaksa Agung Arminsyah, Paul Walker juga wafat dalam sebuah laka lantas atau kecelakaan lalu lintas tunggal. Saat itu ia tengah menjajal supercar usai penggalangan dana untuk korban bencana alam Super Topan Haiyan.

Mobimoto.com/Gagah Radhitya Widiaseno

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS