alexametrics

Honda Perpanjang Aktivitas Penghentian Pabrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Honda Perpanjang Aktivitas Penghentian Pabrik
Test drive Honda Brio RS di Bali. Sebagai ilustrasi varian Brio [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Pantau situasi terkini, termasuk turunnya permintaan pasar, inilah yang dilakukan Honda di Tanah Air.

Suara.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) memperpanjang waktu penghentian sementara aktivitas produksinya di pabrik Karawang, Jawa Barat. Sebelumnya, aktivitas jalur produksi dihentikan sementara selama periode dua pekan, yaitu 13-24 April 2020.

Namun berdasarkan kondisi terkini, Business Innovation and Marketing and Sales Director PT HPM, Yusak Billy menyebutkan, pihaknya memutuskan untuk memperpanjang periode hingga 15 Mei 2020.

Honda buka diler ke-124. [PT Honda Prospect Motor]
Dealer Honda ke-124. Sebagai ilustrasi eksistensi Honda roda empat di Tanah Air [PT Honda Prospect Motor]

"Keputusan ini didasarkan pada kondisi permintaan pasar yang sangat menurun serta kondisi pasokan komponen secara global," ujar Yusak Billy kepada Suara.com.

Ia menambahkan, saat ini PT HPM harus kembali menyesuaikan tingkat produksi untuk menjaga stok tetap dalam kondisi sehat.

Baca Juga: PSBB Sukabumi: Motor Pelat Merah Boncengan Disetop, Penumpang Beda Alamat

Berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pertumbuhan penjualan Honda di pasar domestik masih cukup baik. Sebagian besar torehannya masih disumbangkan oleh model Brio.

Pada 2019, Honda Brio berhasil mengumpulkan total penjualan sebesar 70.441 unit atau meningkat 38 persen dibandingkan dari tahun sebelumnya. Model yang mengisi segmen city car ini berkontribusi 47 persen dari seluruh penjualan Honda yang mencapai 149.435 unit.

Adapun pencapaian ekspor dalam bentuk utuh atau Completely Bulit-Up (CBU) untuk Brio selama 2019, berdasarkan data Gaikindo, adaalah 6.847 unit. Sementara ekspor dalam bentuk Completely Knocked-Down (CKD) sebanyak 378.347 unit.

Pencapaian ini mampu menghasilkan nilai Rp3,4 triliun, meningkat signifikan dibandingkan nilai ekspor pada 2018 yang mencapai Rp2,8 triliun.

Baca Juga: New MINI Countryman Blackheath Edition Meluncur, Terbatas 24 Unit

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar