TAM Akui Siap Boyong Jagoan Baru ke Indonesia, Toyota Raize?

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
TAM Akui Siap Boyong Jagoan Baru ke Indonesia, Toyota Raize?
Toyota Raize sudah diluncurkan di Jepang pada 2019 lalu. [Dok Toyota Japan]

Toyota Raize dan kembarannya Daihatsu Rocky memang diluncurkan di Jepang. Di Indonesia, Toyota dan Daihatsu sudah punya sederet produk kembar.

Suara.com - Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia, mengakui akan segera membawa jagoan baru ke Tanah Air. Meski tak mengungkap nama mobil barunya, tetapi santer terdengar bahwa Toyota Raize yang akan menjadi amunisi baru raksasa asal Jepang itu di Nusantara.

Pada 2019 lalu, Toyota Raize dan kembarannya Daihatsu Rocky memang diluncurkan di Jepang. Meski belum dipastikan akan diboyong ke Indonesia, tetapi melihat kebiasaan duo Toyota-Daihatsu, maka ada kemungkinan Rocky dan Raize akan juga dijual di Tanah Air.

Lihat saja duo Toyota Avanza - Daihatsu Xenia di kelas MPV kecil; ada juga duet Rush - Terios di segmen low SUV ; di kelas LCGC bahkan ada dua saudara kembar lain dari Toyota - Daihatsu: Agya - Ayla serta Calya - Sigra.

Lalu bagaimana peluang Toyota Raize masuk ke Indonesia? Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy mengaku belum bisa memberi banyak informasi.

"Saya belum bisa jawab. Kita belum bisa konfirmasi terkait product launching," ujar Anton Jimmi, saat bincang virtual bersama awak media.

Meski demikian, Anto seperti memberikan clue ketika menambahkan bahwa ia juga tak bisa memastikan apakah Daihatsu Rocky dan Toyota Raize akan masuk Indonesia bersamaan.

"Jadi sabar dulu, ditunggu. Untuk menstimulus market tahun ini kita pun sudah menyiapkan produk baru yang akan kita launch tapi tunggu tangal mainya," kata Anton.

Toyota Raize mengandalkan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc yang didukung turbocharger dan dikawinkan dengan transmisi D-CVT (Dual mode Continuously Transmisi Variabel).

Konfigurasi ini menandai pertama kalinya Toyota menggunakan gearbox Daihatsu yang menggunakan belt dan gear drive pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan efisiensi transmisi.

Mesin yang dimiliki diklaim mampu menghasilkan 97 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 - 4.000 rpm, yang dikatakan dapat memberikan akselerasi yang kuat dan halus pada kecepatan rendah, serta hemat bahan bakar dan menghasilkan kinerja yang hening pada kecepatan tinggi.

Konsumsi bahan bakar rata-rata diklaim mencapai 18,6 km / l pada siklus uji WLTC untuk model 2WD, sementara model 4WD mencapai 17,4 km / l.

Toyota Raize menawarkan sistem penggerak empat roda opsional yang disebut Dynamic Torque Control 4WD. Sistem penggerak ini mendistribusikan torsi ke roda belakang saat akselerasi awal atau saat berkendara di permukaan jalan yang licin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS