Unik, Pembelian Mobil Secara Tunai Meningkat saat Covid-19

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Unik, Pembelian Mobil Secara Tunai Meningkat saat Covid-19
Daihatsu Terios,salah satu produk Daihatsu yang diarahkan untuk lebih banyak dipasarkan saat pandemi COVID-19 di tanah Air [Dok PT Astra Daihatsu Motor].

Tak sepenuhnya sepi, pasar otomotif nasional di tengah pandemi Covid-19 juga menuai peminat.

Suara.com - Pembelian secara kredit atau mengangsur selama ini masih menjadi pilihan masyarakat dalam membeli mobil. Namun menariknya, situasi pandemi Covid-19 justru mendorong orang untuk membeli mobil secara tunai.

Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso menyebutkan bahwa telah terjadi perubahan komposisi pembelian. Di tengah kondisi sulit seperti saat ini, pembelian mobil secara tunai justru meningkat.



"Dari data tiga bulan ke belakang (Maret, April, Mei) kreditnya turun 7 persen, tunainya naik 7 persen. Jadi tunai 32 persen, kredit 68 persen," terang Hendrayadi Lastiyoso, saat bincang virtual bersama awak media.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa kondisi seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Jadi bila ditarik kesimpulan, orang yang membeli mobil dalam situasi ini yang memiliki cukup dana untuk membeli secara tunai.

Namun demikian, terkait model yang banyak diminati di tengah pandemi Covid-19 Hendrayadi Lastiyoso menyatakan ada sedikit pergeseran model. Dalam kondisi normal, kontribusi Daihatsu Xenia dan Daihatsu Terios hampir sama.

Akan tetapi saat ini terjadi perubahan. Jadi kontribusi Daihatsu Terios lebih tinggi sekitar 16 persen. Sedangkan Daihatsu Xenia justru hanya 11 persen.

"Jadi kami akan mengarahkan penjualan ke model yang diminati dan dibeli," kata Hendrayadi Lastiyoso.

Adapun penjualan Daihatsu di masa pandemi akan diarahkan ke model-model berikut ini, yaitu Daihatsu Sigra, Terios, Ayla, dan Xenia.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS