Mercedes-Benz Bakal Stop Produksi Sedan di Dua Negara

RR Ukirsari Manggalani
Mercedes-Benz Bakal Stop Produksi Sedan di Dua Negara
Logo Mercedes-Benz [Suara.com/CNR ukirsari].

Restruktusasi pembiayaan diterapkan Daimler. Mercedes-Benz di dua negara akan menghentikan produksi sedan.

Suara.com - Daimler, induk dari Mercedes-Benz mengumumkan segera menghentikan produksi sedan anak perusahaannya di pabrik Amerika Serikat dan Meksiko. Adapun alasannya adalah restrukturisasi biaya masa pandemi COVID-19. Demikian dikutip dari CNBC.

Pembuat mobil asal Jerman ini terpaksa mengambil keputusan tadi, setelah membukukan kerugian operasi sebesar 1,91 miliar dolar Amerika Serikat (AS) di kuartal kedua. Selain itu, terjadi penurunan permintaan, penutupan beberapa dealer, dan akhirnya terjadilah kerugian perusahaan.

Mercedes-Benz C-Class, sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Mercedes-Benz C-Class, sebagai ilustrasi [Mercedes-Benz].

Tercatat penjualan Mercedes-Benz tipe sedan seperti C-Class memang terus mengalami penurunan di Negara Paman Sam. Berdasarkan data Carsalesbase, Mercedes-Benz C-Class terjual 88.251 unit pada 2013 dan 2018 hanya membukukan 60.410 unit.

Dengan menghentikan produksi C-Class, pabrik di Alabama memiliki ruang lebih untuk digunakan. Saat ini, pabrik memanfaatkan 93 persen dari kapasitas maksimalnya.

Artinya, tidak ada ruang banyak untuk bertumbuh. Solusinya, mereka bisa memindahkan produksi Mercedes-Benz C-Class ke pabrik yang tidak terlalu padat.

Apabila pihak Mercedes-Benz memindahkan produksi C-Class, maka space kosong ini bisa dimanfaatkan untuk memproduksi mobil kategori Sport Utility Vehicle atau SUV, seperti Mercedes-Benz GLE dan GLS. Terlebih perusahaan juga terus melakukan pengembangan mobil listrik.

Dan sejauh ini belum ada pengumuman resmi perusahaan tentang tanggal pasti berakhirnya produksi model sedan seperti A-Class dan C-Class di Meksiko dan Amerika Serikat.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS