Ini 5 Cara Cegah Penularan Virus di Kabin Mobil, Nomor 5 Rawan Bakteri

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ini 5 Cara Cegah Penularan Virus di Kabin Mobil, Nomor 5 Rawan Bakteri
Ilustrasi AC mobil [Shutterstock].

Sirkulasi udara di kabin mobil adalah sistem tertutup, hendaknya lakukan langkah ini. Terutama tips nomor 5.

Suara.com - Kuman dan virus bisa menyebar melalui partikel-partikel kecil di udara. Seperti virus flu, risiko penularan semakin berpotensi dalam ruang tertutup dan ramai, apalagi saat kondisi tubuh sedang tidak fit. Termasuk di area AC mobil.

Seperti disebutkan soal ruang tertutup tadi, maka kabin mobil merupakan lingkungan tertutup dan terbatas, apalagi bila menggunakan AC selama perjalanan.

Ilustrasi bakteri. [Shutterstock]
Ilustrasi bakteri [Shutterstock]

AC mobil memiliki sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dashboard atau blower di atap. Oleh karena itu, pemilik wajib menjaga kebersihan kabin dan AC mobil untuk mencegah penularan virus.

Berikut adalah tips dari Auto2000 agar terhindar dari virus selama berada di kabin mobil :

1. Pakai masker di dalam mobil

  • Sebaiknya tetap menggunakan masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama.

2. Bersihkan kokpit mobil

  • Setiap pagi, bersihkan selalu area kokpit mobil, seperti dashboard, konsol tengah, dan panel pintu, menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan.
  • Bersihkan pula lantai dan karpet di bagian penumpang depan, karena udara dari wilayah inilah yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

3. Buka jendela secara berkala

  • Jendela sebaiknya dibuka selama 2-3 menit setiap satu jam sekali, agar udara di dalam kabin bersirkulasi dengan hawa luar.
  • Atau bisa pula memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

4. Jaga kebersihan filter kabin AC

  • Banyak pemilik mobil yang tidak tahu keberadaan filter kabin AC. Padahal, filter ini mempunyai tugas penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali.
  • Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.

5. Pastikan evaporator bersih

  • Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan lagi lewat kisi AC.
  • Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembap dan kotor, terutama bila pemilik lupa mengganti filter kabin AC.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS