Terjadi Peningkatan Lalu Lintas 24,3 Persen di Masa PSBB Transisi

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Terjadi Peningkatan Lalu Lintas 24,3 Persen di Masa PSBB Transisi
Penggunaan platform navigasi, GPS atau SatNav termasuk di antaranya Waze. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Kemacetan lalu lintas yang meningkat saat pembatasan pelonggaran bisa dipelajari dari platform Waze.

Suara.com - Sejak memasuki masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), platform navigasi Waze mencatat lalu lintas beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan melonjak hingga rata-rata 24,3 persen.

Ketika pembatasan mulai melonggar selama masa transisi, terdapat peningkatan kilometer per hari yang ditempuh pengguna Waze di setiap kota di Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Misalnya, kemacetan lalu lintas di Tangerang meningkat 32,7 persen, Bekasi 22,5 persen, Jakarta 21,7 persen, dan Tangerang Selatan 20,1 persen.

Angka-angka ini menunjukkan tren peningkatan lalu lintas di jalan raya dibandingkan periode saat PSBB pertama kali diterapkan pada April (23/4/2020 - 23/5/2020). Peningkatan lalu lintas di kota Tangerang relatif lebih tinggi, dan kondisi ini bisa dikaitkan dengan peningkatan jumlah karyawan yang pulang pergi ke Ibu Kota Jakarta untuk bekerja pasca pelonggaran kebijakan pembatasan.

Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia mengatakan Waze menstimulasi pengemudi agar terus mengikuti arahan pemerintah Indonesia. Yaitu mengimbau pengemudi agar tetap waspada mengikuti semua protokol kesehatan yang diperlukan dan mempraktikkan jarak sosial, terutama saat bepergian maupun saat bekerja di kantor.

Aplikasi Waze dengan info COVID-19 [screen shot Waze].
Aplikasi Waze dengan info COVID-19 [screen shot Waze].

"Menanggapi wabah COVID-19 di Indonesia, Waze telah menambahkan lebih dari 130 rumah sakit rujukan pada peta kami untuk mendukung upaya tanggap darurat," kata Marlin R. Siahaan, dalam keterangan tertulisnya.

Ia menambahkan, pengguna Waze dapat menemukan rumah sakit rujukan terdekat dengan memasukkan kata kunci seperti "COVID", "covid", "coronavirus", "virus korona", dan "rumah sakit corona" di kolom pencarian, yang dapat memberikan informasi dengan aman kepada para pengguna yang diharuskan untuk mengemudi.

Terakhir Waze juga mengajak pemerintah dan mitra di seluruh dunia untuk secara proaktif menyumbangkan data lokasi pusat pengujian medis dan pusat distribusi makanan darurat melalui COVID-19 Landing Page.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS