alexametrics

Pakai Sepeda Motor Listrik, Tri Rismaharini Hadiri Soft Launching iCar ITS

RR Ukirsari Manggalani
Pakai Sepeda Motor Listrik, Tri Rismaharini Hadiri Soft Launching iCar ITS
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini naik motor saat menuju kampus ITS Surabaya [Suara.com/Dimas Angga Perkasa].

Ini kali perdana Wali Kota Surabaya kenakan seragam lengkap dan mengaspal pakai sepeda motor listrik.

Suara.com - Di Hari Ulang Tahun atau HUT Kemerdekaan RI ke-75 (17/8/2020), Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menghadiri soft launching iCar ITS menggunakan sepeda motor listrik Gesits.

Istimewanya, alumni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini tetap mengenakan busana seragam wali kotanya, dan mengemudikan sendiri motornya yang bercat body merah menuju Kampus ITS. Jaraknya sekitar 5,7 km dari Balai Kota Surabaya.

Dikutip dari Suarajatim.id, jaringan Suara.com untuk Jawa Timur, Febriadhitya Prajatara, Kabag Humas Pemkot Surabaya menyatakan bahwa Bu Risma, begitu sapaan akrab Wali Kota Surabaya, bukan pertama kalinya motoran sendiri.

Sebelum HUT Kemerdekaan RI ke-75, Bu Risma sudah kerap menggunakan sepeda motor listrik Gesits untuk sidak atau berkunjung ke lokasi sulit terjangkau kendaraan roda empat. Namun bukan dengan atribut seragam kantornya.

Baca Juga: CEO Royal Enfield Konfirmasi Kembangkan Sepeda Motor Listrik

iCar ITS. (Suara.com/Dimas)
iCar ITS Surabaya [Suara.com/Dimas Angga Perkasa].

"Ini pertama kalinya Ibu Wali Kota pakai seragam lengkapnya saat mengendarai sendiri sepeda motornya," demikian papar Febriadhitya Prajatara kepada SuaraJatim.id.

"Karena tadi dikejar waktu, Ibu memutuskan naik motor ke ITS," lanjutnya sembari menambahkan cukup kaget mendapati keinginan Wali Kota Tri Rismaharini yang mengenakan baju seragam namun siap mengendarai sepeda motor. Jadwal beliau memang cukup padat di hari itu.

Sesampai di lokasi kampus ITS Surabaya di kawasan Keputih Sukolilo, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi salah satu orang pertama yang menjajal Intelligent Car atau iCar ITS Surabaya.

Ada kejadian iCar ITS mengalami gangguan. Penyebabnya para awak media yang sedang mengambil gambar turun dari kendaraan dan masuk jalur iCar. Sehingga kendaraan swakemudi itu berbelok dan melakukan rem mendadak.

"Enak, jalannya santai, tadi sempat ngantuk saat di atas mobil itu," jelas Bu Risma, yang saat mencoba iCar didampingi Dr. Endroyono, pemimpin pengembangan mobil autonomous iCar ITS.

Baca Juga: ITS Ciptakan iCar, Mobil Tanpa Awak Bisa Jalan Sendiri Tanpa Sopir

"Program mobil otonom ini merupakan program unggulan yang dicanangkan Rektor ITS, dan akan diluncurkan secara resmi pada Dies Natalis ITS ke-60 pada Nopember nanti. Pada 17 Agustus ini, dilaksanakan soft launching iCar ITS sebagai persembahan ITS untuk HUT Kemerdekaan RI ke-75," tutur Dr. Endroyono, sembari menambahkan iCar ITS Surabaya merupakan prototype mobil swakemudi yang dioperasikan sebagai mobil komuter melayani perjalanan dalam kampus ITS.

iCar ITS. (dok ITS)
iCar ITS Surabaya (dok ITS)

Lantas kembali kepada Wali Kota Tri Rismaharini, bagaimanakah cara beliau kembali ke Balai Kota Surabaya usai first ride mobil otonom iCar ITS Surabaya?

Tentu saja kembali mengaspal ruas jalan Kota Surabaya menggunakan sepeda motor listrik Gesits.

Komentar