Presiden NKRI Joko Widodo Resmikan Tol Manado-Bitung, Pangkas Perjalanan

RR Ukirsari Manggalani | Ummi Hadyah Saleh
Presiden NKRI Joko Widodo Resmikan Tol Manado-Bitung, Pangkas Perjalanan
Presiden Jokowi bersama sejumlah pejabat negara meninjau pembangunan jalan tol Manado-Bitung. [Dok Kementerian PUPR]

Jarak perjalanan antara ibu kota Sulawesi Utara, Manado ke Kota Bitung kini dipangkas menjadi setengah jam saja.

Suara.com - Hari ini, Selasa (29/9/2020), Presiden NKRI Joko Widodo meresmikan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam pidato sambutannya, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa selesainya ruas jalan bebas hambatan di sektor ruas Manado-Danowudu bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha masyarakat dan memudahkan transportasi.

"Jalan tol Manado-Bitung ruas Manado dan Danowudu sepanjang 26 km sudah selesai, dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat," jelas Bapak Presiden dalam sambutannya melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

Ruas Tol Manado-Danowudu sepanjang 26,35 km adalah keseluruhan seksi 1 serta sebagian dari seksi 2 yakni seksi 2A Airmadidi-Danowudu.

Baca Juga: Best 5 Oto: New Rolls-Royce Ghost Extended, Pidato BTS di Sidang Umum PBB

Pembangunan Jalan Tol Manado - Bitung, Sulawesi Utara. [Dok Jasa Marga]
Pembangunan Jalan Tol Manado - Bitung, Sulawesi Utara. [Dok Jasa Marga]

Menurut Presiden, jika seluruh Tol Manado-Bitung selesai, panjang ruas mencapai 90 km. Sementara gerbang tol Manado-Bitung berlokasi tak jauh dari bandar udara Sam Ratulangi. Yaitu sejauh 9 km dan bisa ditempuh dalam 12 menit.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya dengan melalui jalan tol ini waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat, yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang setengah jam saja. Kecepatan perubahan yang berubah sekali," ungkap Bapak Presiden untuk detail durasi waktu tempuh kini.

Sebagai catatan, kawasan Bitung adalah salah satu destinasi di Sulawesi Utara, khususnya untuk kegiatan muck diving. Yaitu salah satu bagian dari diving yang memberikan perhatian kepada satwa dan organisme kecil lautan di area berlumpur.

Dengan percepatan jarak lewat penyediaan infrastruktur, tentunya kegiatan mengemudi mengemudi kendaraan roda empat atau lebih, juga bisa ditempuh lebih cepat. Termasuk bila diawali langsung dari bandara menuju lokasi muck diving.

Baca Juga: BTS Sampaikan Pesan di Sidang Umum PBB, Pernah Nyanyikan Hyundai NEXO

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS