alexametrics

Lexus UX 300e Bisa Gunakan Baterai Buatan Indonesia?

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Lexus UX 300e Bisa Gunakan Baterai Buatan Indonesia?
Proses recharging satu unit mobil listrik Lexus UX300e [Lexus UK].

Tak tertutup kemungkinan Lexus UX 300e dan mobil listrik Toyota lainnya menggunakan baterai buatan Indonesia.

Suara.com - Lexus UX 300e resmi diluncurkan di Indonesia pada Rabu (25/11/2020). Setelah mulai dijual, muncul pertanyaan apakah mobil listrik pertama Toyota itu bisa menggunakan baterai buatan dalam negeri?

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, saat ini mobil Lexus UX 300e masih berstatus completely build up (CBU) alias diimpor utuh dari Jepang.

Tapi ia tak menutup kemungkinan di masa depan, Lexus UX 300e dan mobil listrik Toyota lainnya menggunakan baterai buatan Indonesia.

"Kita akan melihat tren ke depan, tren kondisi produksi baterai di Indonesia seperti apa. Ini akan selalu menjadi perhatian dan pertimbangan dari kami," kata Anton.

Baca Juga: Boyong Mobil Listrik Lexus UX 300e, Toyota: Indonesia Punya Potensi Besar

Seperti diketahui pemerintah Indonesia tengah mendorong investasi di pabrik baterai mobil listrik di Tanah Air. Pemerintah lewat sejumlah BUMN juga telah menyepakati pendirian holding Indonesia Battery yang akan mengurusi bisnis baterai kendaraan listrik.

Investasi pabrik baterai kendaraan listrik juga kabarnya melibatkan dua perusahaan asing yakni LG Chem dari Korea Selatan dan CATL asal negeri Tiongkok.

Juga ada rumor bahwa produsen mobil listrik asal Amerika Setikat, Tesla, dikabarkan juga berminat membangun pabrik baterai di Batang, Jawa Tengah. Bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah mengirim tim khusus menjajaki kerjasama dengan perusahaan milik Elon Musk itu di AS.

Komentar