alexametrics

Mencegah Penularan COVID-19, Gelaran Otomotif GJAW Ditunda

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mencegah Penularan COVID-19, Gelaran Otomotif GJAW Ditunda
Suasana di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Sebagai ilustrasi kemeriahan gelaran otomotif GAIKINDO tahun lalu [Suara.com/Arief Hermawan P]

Menilik pentingnya pencegahan penularan virus Corona jenis baru, ini daftar terbaru gelaran GAIKINDO Jakarta Auto Week.

Suara.com - Upaya GAIKINDO untuk membantu pemulihan industri otomotif lewat penyelenggaraan GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW), di bawah arahan pemerintah yang rencananya digelar awal tahun depan harus kembali ditunda.

Kondisi kesehatan dan keselamatan masyarakat yang belum sepenuhnya kondusif akibat pandemi COVID-19 menjadi pertimbangan utama bagi GAIKINDO dan pemerintah. Keputusan ini juga merupakan arahan dari Kementerian Perindustrian selaku tempat bernaung GAIKINDO.

Disebutkan dalam arahan itu, bahwa penyelenggaraan pameran yang diharapkan akan mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia ini agar bisa dimundurkan.

GAIKINDO memberikan respon positif terhadap arahan ini, dan tetap berupaya maksimal mempersiapan GAIKINDO Jakarta Auto Week pada jadwal barunya, 6-14 Maret 2021.

Baca Juga: Ini Beda Istilah Facelift dan All-New di Dunia Otomotif

Sirene penanda dibukanya GIICOMVEC 2020 dilakukan oleh GAIKINDO, Menteri Perindustrian dan unsur terkait [Suara.com/CNR ukirsari].
Sirene penanda dibukanya GIICOMVEC 2020 dilakukan oleh GAIKINDO, Menteri Perindustrian dan unsur terkait. Sebagai ilustrasi acara otomotif yang digelar di JCC [Suara.com/CNR ukirsari].

Menurut Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, respon positif GAIKINDO mencerminkan tanggung jawab asosiasi untuk terus berupaya mendorong pulihnya industri otomotif Indonesia.

"GAIKINDO menyambut positif semangat Kementerian Perindustrian untuk memberikan awal yang baik pada 2021 untuk industri otomotif, juga menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat. Selaras dengan itu, GAIKINDO juga akan terus memberikan upaya masimal untuk mewujudkan penyelenggaraan GJAW tahun depan," ungkap Yohannes Nangoi dalam keterangan tertulisnya.

Ia juga menambahkan bahwa seperti yang selalu ditekankan GAIKINDO sebelumnya, kepastian penyelenggaraan GJAW ditentukan oleh kondisi pandemi COVID-19 serta kesehatan dan keamanan masyarakat yang sudah dipastikan dapat diatasi. Pertimbangan ini pastinya sejalan arahan Kementerian Perindustrian.

"GAIKINDO dan para anggotanya tetap berkomitmen penuh meyelenggarakan GJAW yang juga didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian RI," tandas Yohannes Nangoi.

Sementara itu, Rizwan Alamsjah selaku ketua III dan Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO menilai kondisi kesehatan saat ini sudah menuju perbaikan, dan diharapkan pada Maret 2021 kondisi kesehatan akan sepenuhnya sudah terjamin sehingga tidak ada kendala dalam menyelenggarakan GJAW.

Baca Juga: Telah Wafat Helmy Sungkar, Promotor Balap Road Race dan Sport Otomotif

"Menjadi keinginan kami agar GJAW tetap menjadi pameran GAIKINDO pertama pada 2021, berjalan aman dan lancar, sehingga dapat memberikan hasil maksimal dalam mendorong penjualan dan pada akhirnya memberikan kontribusi untuk industri otomotif Indonesia," tuturnya.

GAIKINDO Jakarta Auto Week akan berlangsung pada 6-14 Maret 2021, di Jakarta Convention Center (JCC). Sebelumnya gelaran otomotif ini diagendakan berlangsung pada Januari 2021 setelah batal digelar tahun ini.

Komentar