alexametrics

Fiat Chrysler Automobiles Investasikan Rp2,8 Triliun di Polandia

RR Ukirsari Manggalani
Fiat Chrysler Automobiles Investasikan Rp2,8 Triliun di Polandia
Logo Alfa Romeo sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Fiat akan produksi mobil-mobilnya yang bermerek Jeep, Fiat,dan Alfa Romeo di negara ini.

Suara.com - Fiat Chrysler Automobiles (FCA) bersiap menggarap mobil-mobilnya yang dipasarkan di bawah brand Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo di Polandia. Nilai investasi yang ditanamkan mencapai 167,15 juta euro atau berkisar Rp2,84 triliun.

Dikutip kantor berita Antara dari Emerging Europe, Senin (4/1/2020), FCA akan menggunakan pabriknya di Tychy, Silesia selatan, Polandia. Selain versi konvensional, produk-produk versi tenaga listrik juga akan digarap di sini.

Saat ini Pabrik Tychy, yang mempekerjakan sekitar 2.500 orang, saat ini memproduksi mobil subkompak Fiat 500 dan supermini Lancia Ypsilon. Pada 2019, pabrik memproduksi sekitar 263.000 kendaraan, hampir semuanya diekspor ke 58 pasar di seluruh dunia.

Adapun investasi digunakan untuk meningkatkan produksi tahunan di pabrik FCA ini, hingga mampu mencetak 400.000 unit mobil kecil berdasarkan Platform Modular Umum PSA Group.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Motor Bermesin Bongsor ke Indonesia pada 2020

Fiat Chrysler Automobiles (FCA). [Shutterstock]
Fiat Chrysler Automobiles (FCA). [Shutterstock]

Pengumuman FCA itu datang beberapa minggu setelah Polandia mengatakan akan membangun mobil listriknya sendiri yang didukung pemerintah, dan akan dimulai pada 2024.

Electro Mobility Poland (EMP) adalah perusahaan yang bertanggung jawab atas mobil listrik yang akan diberi merek Izera, mengatakan pabrik mobil listriknya akan dibangun di Jaworzno, juga di kawasan Silesia, masih satu lokasi dengan pabrik FCA.

Pada Juli 2020, EMP mengungkapkan dua prototipe kendaraan Izera, yaitu tipe Sport Utility Vehicle (SUV) dan hatchback bahwa mobil pertama siap meluncur di kuartal ketiga 2023. Spesifikasinya, mampu berakselerasi 0 - 100 km per jam sekitar 8 detik, sementara jarak tempuh sekali pengisian daya baterai penuh mencapai 400 km.

"Mobil modern, hibrida, dan listrik dari merek Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo akan meluncur dari Tychy pada 2022," ungkap wakil perdana yang menyatakan produk-produk multi brand tadi adalah "bukti kepercayaan pasar di Polandia".

Kekinan, FCA tengah berada dalam proses penyelesaian merger PSA atau Peugeot, Prancis, menjadi satu perusahaan grup baru bernama Stellantis.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Launching Bersamaan Dua Mobil Sekaligus pada 2020

Komentar