alexametrics

Pelanggar Lalu Lintas di Bekasi Mulai Diintai Tilang Elektronik

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Pelanggar Lalu Lintas di Bekasi Mulai Diintai Tilang Elektronik
Pengendara melintas di bawah alat Automatic Number Plate Recognition (ANPR) perempatan lampu merah Kuningan-Mampang Jakarta, Sabtu (22/11).

Titik tilang elektronik Bekasi terletak di Simpang Grosir Cikarang.

Suara.com - Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada pertengahan Maret 2021. Adapun titik lokasi tilang elektronik itu berada di Simpang Grosir Cikarang (SGC), Kabupaten Bekasi.

”Mulai kita terapkan pertengahan bulan ini, di mana salah satunya adalah penegakan hukum yang transparan di bidang lalu lintas,” kata Kasatlantas Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi, Ojo Ruslani, dikutip dari NTMC Polri, Jumat (5/3/2021).

Penerapan E-TLE ini dalam rangka menjalankan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sebagai permulaan akan memasang kamera E-TLE di perempatan Jalan RE Martadinata tepatnya depan perempatan SGC. Di titik tersebut akan dipasang kamera yang dapat merekam kendaraan melakukan pelanggaran.

”Lokasi itu jadi titik sentral arus lalu lintas kendaraan, sehingga dijadikan awal penerapan sebelum nanti diterapkan dititik lain,” tambahnya.

Baca Juga: Polda Sulsel Akan Manfaatkan War Room Makassar untuk Tilang Elektronik

Adapun sejumlah pelanggaran yang dapat direkam kamera E-TLE adalah pelanggaran marka jalan, penggunaan handphone saat mengemudi, safety belt, dan lainnya.

Saat ini, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait pemberlakuan tilang elektronik tersebut. Proses pemasangan juga akan diselesaikan dalam waktu dekat ini.

”Tadi malam sudah mulai proses pemasangan alat-alatnya, nanti akan disetting jaringan dan lainnya. Ya dalam waktu dua sampai tiga hari akan selesai untuk nanti persiapan penerapan pada pertengahan Maret,” tutup dia.

Komentar