alexametrics

Ducati Lebih Tertarik Bahan Bakar Sintetis, Daripada Motor Listrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ducati Lebih Tertarik Bahan Bakar Sintetis, Daripada Motor Listrik
Crew Ducati saat peluncuran produk Ducati Multistrada V4 di Borgo, Italia. Sebagai ilustrasi totalitas perusahaan menggarap produk mereka yang sudah dikenal selama ini [Ducati].

Perlu dikaji lebih dalam, antara biaya produksi sepeda motor, serta biaya baterai listrik yang dibutuhkan.

Suara.com - Wakil Presiden Penjualan Ducati, Francesco Milicia mengungkap pihaknya tidak akan menghadirkan sepeda motor listrik dalam waktu dekat.

"Apakah kami akan segera memproduksi Ducati listrik? Tidak," kata Milicia, dikutip RideApart.

Ia menambahkan, saat ini Ducati berpikir untuk jenis mesin yang diproduksi. Sepeda motor listrik tidak dapat menjamin kesenangan, jarak tempuh, dan bobot.

"Itu tidak seperti yang diharapkan pengendara Ducati," terangnya.

Baca Juga: Jelang MotoGP Doha 2021, Jack Miller Siap Balas Dendam

Skuter listrik Ducati. (bikedecho.com)
Skuter listrik Ducati. Sebagai ilustrasi Ducati juga memiliki skutik listrik (bikedecho.com)

Namun demikian, bukan berarti Ducati tidak melakukan apapun untuk beralih ke produk ramah lingkungan. Perusahaan melihat solusi lain untuk kendaraan nol emisi melalui bahan bakar sintetis.

"Beberapa brand di group kami, Volkswagen (Ducati bernaung di bawah Volkswagen Grop, red) tengah menggarap produk terelektrifikasi. Seperti yang dilakukan Porsche. Ducati memandangnya sebagai solusi jangka menengah," ungkap Francesco Milicia.

Meskipun beberapa penggemar Ducati, dan banyak penggemar sepeda motor listrik kecewa dengan yang dinyatakan Francesco Milicia, namun pernyataan itu juga tidak bisa disalahkan.

Saat ini produsen sepeda motor listrik masih mencari keseimbangan antara performa, keandalan, jangkauan dan biaya produksi menyeluruh. Mulai body hingga baterai--komponen yang menyedot sekitar 20 persen dari harga total sepeda motor listrik. Bahkan merek besar seperti Harley-Davidson masih bertahan memasarkan satu model dahulu, yaitu LiveWire agar lebih dilirik konsumen.

Baca Juga: Volkswagen Sebutkan Ganti Nama Jadi Voltswagen Hanya "Gimmick" Pemasaran

Komentar