alexametrics

Harga Kompetitif Jadi Strategi Toyota Pasarkan Raize

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Harga Kompetitif Jadi Strategi Toyota Pasarkan Raize
Suara.com mendapatkan kesempatan melakukan test drive Toyota Raize beberapa saat lalu. Tersedia dalam sistem transmisi manual dan matik [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Selama ini, kebutuhan mobil pertama konsumen diwadahi produk kategori LCGC dan MPV. Bagaimana bila menginginkan SUV?

Suara.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Raize untuk menyasar segmen SUV lima penumpang di Indonesia. Salah satu keseruan yang ditawarkan adalah harga Toyota Raize tergolong kompetitif di kelasnya.

Apakah yang mendasari Toyota memasang harga Rp220 jutaan untuk produk barunya ini?

"Pertama, kami membidik pasar customer yang akan membeli mobil pertama. Bila dilihat, kami sudah memiliki MPV dan LCGC untuk mobil pertama. Namun kami ingin menghadirkan SUV. Saat ini kebutuhan SUV kami diwadahi Toyota Rush. Namun pembelinya sudah bercampur, bukan pembeli mobil pertama saja," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT TAM, dalam sesi Test Drive Toyota Raize, baru-baru ini.

Lebih lanjut Anton menambahkan, tren mobil SUV sekarang ini sudah mencapai 20 persen. Sehingga Toyota ingin menghadirkan SUV untuk pembeli mobil pertama. Dan jawabnya adalah Toyota Raize. Dengan demikian, portofolio yang diberikan untuk konsumen lebih lengkap.

Baca Juga: Tahun Depan, SUV BMW Bertenaga Hidrogen Siap Meluncur

Toyota Raize diharapkan menjadi mobil pertama kategori SUV favorit konsumen [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Toyota Raize diharapkan menjadi mobil pertama kategori SUV favorit konsumen [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Jadi, harga memang menjadi strategi Toyota sebelum meluncurkan produk. Ditambah waktunya tepat karena ada kebijakan diskon pembelian mobil baru atau PPnBm.

"Semoga ini bisa menjadi produk yang cocok bagi pembeli mobil pertama. Jadi kami fokus kepada kebutuhan konsumen," terang Anton Jimmi Suwandy.

Dari spesifikasi resminya, Toyota Raize dibekali mesin 1KR-VET 1.000 cc 3-silinder turbo bertenaga 98 PS atau setara 96 dk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm.

Tenaga ini disalurkan ke rangkaian sistem transmisi berpenggerak roda depan, melalui pengoperasian manual 5-percepatan atau otomatis CVT.

Di kelasnya, Raize akan bersaing dengan Nissan Magnite, KIA Sonet, dan Daihatsu Rocky. Harganya sendiri dibanderol mulai Rp222 juta untuk tipe 1.000 cc turbo.

Baca Juga: Toyota Raize Pakai Mesin 3 Silinder, Getaran Mesin Lebih Kasar?

Komentar