alexametrics

Pasokan Chip Semikonduktor Bakal Pulih, General Motors Percepat Pengiriman Produk

RR Ukirsari Manggalani
Pasokan Chip Semikonduktor Bakal Pulih, General Motors Percepat Pengiriman Produk
Pabrik GMC Sierra dan GM Silverado di Fort Wayne, Indiana, Amerika Serikat. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Solusi General Motors atas putusnya lini produksi akibat chip semikonduktor langka adalah sebagai berikut.

Suara.com - General Motors, salah satu raksasa otomotif Amerika Serikat bersiap mempercepat pengiriman produknya ke dealer di semester kedua 2021. Kegiatan ini bisa terlaksana karena ada kemungkinan pasokan semikonduktor mulai pulih secara global.

Dikutip dari kantor berita Antara, kecepatan produksi dan pengiriman di berbagai manufaktur otomotif tertentu di Amerika Utara, Asia, dan Amerika Selatan masih terus dipengaruhi situasi terputusnya rangkaian pasokan semikonduktor hingga Juni atau Juli tahun ini.

"Seiring pulihnya pasokan semikonduktor global, perusahaan berharap bisa menerapkan tindakan serupa di pasar seluruh dunia untuk melanjutkan produksi dan meningkatkan pengiriman ke dealer hingga paruh kedua tahun ini," demikian penjelasan dalam rilis resmi General Motors sebagaimana dikutip kantor berita Antara pada Jumat (4/6/2021).

Buick LaCrosse 2018, sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Buick LaCrosse, sebagai ilustrasi produk Buick [Shutterstock].

General Motors menguraikan langkah-langkah yang diambil untuk meningkatkan pengiriman ke dealer dan konsumen di Amerika Serikat maupun Kanada dalam memenuhi permintaan produk-produk Chevrolet, Buick, GMC dan Cadillac.

Baca Juga: Bos Yamaha: Kelangkaan Chip Tunda Peluncuran Serangkaian Produk Baru

Produksi pickup dimensi penuh Chevrolet Silverado HD dan GMC Sierra HD akan meningkat sekitar 1.000 truk per bulan mulai pertengahan Juli sebagai hasil dari efisiensi lini produksi yang dilakukan tim di Flint Assembly Michigan.

Sementara pengiriman pickup kelas menengah seperti Chevrolet Colorado dan GMC Canyon yang diproduksi di Wentzville Assembly Missouri akan meningkat sekitar 30.000 total unit dimulai pertengahan Mei hingga awal Juli. Mereka mesti menyelesaikan pengujian terlebih dahulu, atas kendaraan yang tadinya tersendat diproduksi akibat gangguan pasokan semikonduktor.

Volume kendaraan lebih kecil yang disimpan di pabrik juga akan menyelesaikan pengujian dinamis dan dikirimkan ke dealer kurun Juni dan Juli.

Pabrik perakitan General Motors di Amerika Serikat tidak memberi cuti khusus untuk liburan musim panas ini.

"Kekurangan semikonduktor global tetap kompleks dan sangat cair, tetapi kecepatan, kelincahan, dan komitmen tim kami, termasuk dealer kami telah membantu kami menemukan cara kreatif untuk memuaskan pelanggan," jelas Phil Kienle, Wakil Presiden General Motors.

Baca Juga: Pasokan Chip Global Langka, Mitsubishi Indonesia Tegaskan Tak Terdampak

Komentar