alexametrics

Sulawesi Miliki Energi Listrik Terbesar, PLN Siap Tambah SPKLU di Kota Makassar

RR Ukirsari Manggalani
Sulawesi Miliki Energi Listrik Terbesar, PLN Siap Tambah SPKLU di Kota Makassar
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman bersama pihak PT PLN saat meresmikan SPKLU Mattoanging di Makassar beberapa waktu lalu [ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah]

PLN merencanakan akan menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di Kota Makassar.

Suara.com - PT PLN (Persero) melalui PLN UIW Sulselrabar atau Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat berencana menambah titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Makassar.

Dikutip dari kantor berita Antara, General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid di Makassar, pada Rabu (23/6/2021) menyatakan bakal terus menambah titik lokasi SPKLU di sekitar Kota Makassar setelah menghadirkan SPKLU Mattoanging sebagai SPKLU pertama di Indonesia Timur.

"Kami juga akan terus menambah titik lokasi SPKLU di Kota Makassar, seperti di public space, Kantor Pemerintahan, pusat perbelanjaan, lokasi wisata dan rest area," demikian papar Awaluddin Hafid.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaeman mengatakan Sulawesi memiliki daya energi listrik paling besar, mencapai 490 MW, terlebih di Sulawesi Bagian Selatan.

Baca Juga: Dialog dengan Duta Besar Korea Selatan, Moeldoko Kemukakan Mobil Listrik

Kendaraan dinas Bupati Konawe Utara, Hyundai IONIQ EV [ANTARA/Sarjono]
Kendaraan dinas Bupati Konawe Utara, Hyundai IONIQ EV. Sebagai ilustrasi kehadiran mobil listrik atau EV di Sulawesi  [ANTARA/Sarjono]

Energi terbarukan ini hadir dari berbagai pembangkit listrik, seperti tenaga hydro Bakaru, PLTB Tolo di Jeneponto dan PLTB Sidrap.

"Energi ini harus dijual, mau tidak mau. Kami juga mendorong pemerintah memperbaiki infrastruktur agar masyarakat bisa lebih teliti, kemudian kami gunakan listriknya secara lebih murah, karena kami jual motor listrik," urainya.

Salah satu pemilik mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) di ibu kota Sulawesi Selatan, Erwin mengungkapkan rasa bahagianya atas kehadiran SPKLU pertama di Indonesia Timur, Mattoanging.

Pasalnya, dengan kehadiran SPKLU Mattoanging maka tercipta solusi terbaik bagi pemilik mobil listrik dalam mengisi ulang baterai mobil listriknya. Yaitu memudahkan recharging saat perjalanan.

"Kami berharap akan adanya tambahan titik lokasi SPKLU di Makassar, selain Mattoanging," tukas Erwin.

Baca Juga: Kemitraan Volvo Car Group dan Northvolt Lahirkan Baterai Mobil Listrik

Sebelumnya PT PLN (Persero) telah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Indonesia Timur, yaitu di PLN ULP Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan pada awal Juni.

Peresmian itu adalah langkah transformasi PLN guna mendukung terwujudnya era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Komentar