alexametrics

Kategori SUV Jadi Produk Terlaris Kia Corporation, Seltos dan Sportage Mendominasi

RR Ukirsari Manggalani
Kategori SUV Jadi Produk Terlaris Kia Corporation, Seltos dan Sportage Mendominasi
All-New Kia Sportage edisi terbaru dari Kia Motors [Kia Motors].

Kia Corporation berhasil membukukan 217 ribu unit mobil untuk kategori SUV.

Suara.com - Berbincang kategori passenger car, perusahaan Korea Selatan, Kia Corporation mencatat Sport Utility Vehicle atau SUV menjadi produk terlaris. Buktinya adalah penjualan Agustus 2021 yang membukukan 217 ribu unit.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Kia Corporation pada Minggu (12/9/2021), Kia Corporation meraih total penjualan global 217.204 unit. Atau mengalami peningkatan 0,1 persen dari tahun ke tahun (year-on-year).

Model SUV Kia Sportage dan Kia Seltos memimpin penjualan Kia pada bulan itu, masing-masing laku 32.388 unit, dan 20.561 unit. Sementara sedan subcompact Kia Rio atau dikenal sebagai Kia Pride meraih penjualan 17.769 unit.

Kia Seltos dipamerkan di Amerika Serikat pada November 2019. [Shutterstock]
Kia Seltos dipamerkan di Amerika Serikat pada November 2019 [Shutterstock]

Kemudian, untuk pemasaran di luar Korea Selatan, Kia mengalami penurunan 1,4 persen dari tahun sebelumnya menjadi 176.201 unit. Adapun penyebabnya adalah terganggunya rantai pasokan semikonduktor di seluruh dunia.

Baca Juga: Banyak Permintaan SUV, Afiliasi Hyundai-Kia Catat Kenaikan Penjualan di Amerika Serikat

Untuk penjualannya sendiri, di luar Korea Selatan Kia Sportage memimpin penjualandi angka 25.817 unit. Terhitung sebagai rekor, perolehan ini diikuti Kia Seltos sebanyak 17.837 unit, serta Kia Rio yang mencatatkan perolehan 17.769 unit.

Sedangkan di pasar domestik Korea Selatan, Kia mencatat penjualan 41.003 unit, atau meningkat 6,6 persen dibandingkan Agustus 2020. All-new Kia Sportage yang diluncurkan pada Juli memimpin penjualan di pasar dalam negeri.

Kia menyatakan akan terus fokus mempertahankan penjualan yang positif dan meningkatkan profitabilitas melalui model-model baru, seperti kendaraan listrik Kia EV6 dan SUV Kia baru. Juga akan terus mengambil langkah-langkah pencegahan untuk meminimalkan risiko bisnis yang berasal dari kebangkitan kasus COVID-19 dan masalah pasokan chip semikonduktor.

Komentar