alexametrics

Gunakan Mobil Pelayanan Keliling, PMI Bone Bolango Kumpulkan 76 Kantong Darah Relawan

RR Ukirsari Manggalani
Gunakan Mobil Pelayanan Keliling, PMI Bone Bolango Kumpulkan 76 Kantong Darah Relawan
Seorang warga mendonorkan darahnya di dalam mobil pelayanan keliling di kompleks Center Point, Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo [ANTARA/Adiwinata Solihin]

Di waktu mendatang, pengadaan mobil unit donor darah masuk prioritas pengadaan.

Suara.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menggelar aksi pengumpulan darah dari para donor dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-76 pada Jumat (24/9/2021).

Dikutip dari kantor berita Antara, kegiatan berlangsung kompleks Center Point, Suwawa, Kabupaten Bone Bolango menggunakan mobil unit donor darah, dan berhasil mengumpulkan 76 kantong darah.

Kepala Markas PMI Bone Bolango, Usman Yunus pada sabtu (25/9/2021) menjelaskan bahwa aksi donor darah yang berlangsung sehari lalu itu melibatkan melibatkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga non ASN, para relawan donor darah sukarela, dan masyarakat umum.

Interior Ambulans DFSK Gelora dengan ruang lapang, terdapat landasan stretcher dan perlengkapan yang bisa disesuaikan kebutuhan pemesan [DFSK].
Interior Ambulans DFSK Gelora dengan ruang lapang, terdapat landasan stretcher dan perlengkapan yang bisa disesuaikan kebutuhan pemesan. Sebagai ilustrasi mobil ambulans [DFSK].

"Alhamdulillah di HUT PMI ke-76, kami dari PMI Bone Bolango melaksanakan kegiatan donor darah sukarela. Ini hal yang unik, di HUT PMI ke-76, kita bisa mengumpulkan 76 kantong darah," jelas Usman Yunus.

Baca Juga: Hadir di Italian Tech Week, Elon Musk Berterima Kasih pada John Elkann dan Bicarakan Chip

Ia menambahkan jumlah kantong darah yang dikumpulkan kali ini adalah terbanyak selama pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI Bone Bolango.

"Sebenarnya jumlah kantong darah yang bisa kami kumpulkan pada donor darah kali ini diperkirakan lebih dari 100 kantong darah. Namun, karena masih kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di UTD PMI Bone Bolango dan fasilitas lainnya, seperti kursi tempat donor darah, sehingga para pendonor atau relawan yang lainnya memilih pulang lebih awal, karena lamanya mengantre," ujar Usman Yunus.

Ia berharap ke depan ini menjadi perhatian semua. Insya Allah ke depan SDM UTD PMI Bone Bolango semakin banyak, dan peralatan kursi donor juga terus dilengkapi.

"Paling penting ke depan juga adalah pengadaan mobil unit donor darah," tambah Usman Yunus.

Sebagai catatan, mobil jenis van di kategori commercial vehicle, maupun modifikasi dari mobil kelas Multi-Purpose Vehicle atau Sport Utility Vehicle (SUV) bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Tentunya dengan melakukan tahapan modifikasi seperti mobil ambulans.

Baca Juga: Kebutuhan Patroli, Polisi Michigan Gunakan Mobil Listrik Ford Mustang Mach-E

Komentar