alexametrics

Best 5 Oto: GMC Hummer EV dan Ford F-150 EV di Pasar Amerika, Maling Lebih Pilih Skutik

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: GMC Hummer EV dan Ford F-150 EV di Pasar Amerika, Maling Lebih Pilih Skutik
GMC Hummer EV [General Motors via ANTARA].

Simak keseriusan Ford dan General Motors berinvestasi mobil listrik, kamera digital mini di motor Honda, serta pencuri sepeda motor yang memilih skutik daripada sport bike.

Suara.com - General Motors, Ford Motor Company, mobil listrik,  Ultium, baterai, GMC Hummer EV, Ford F-150 EV, investasi, Mick Doohan, Sirkuit Mandalika, kamera digital, Honda, pencurian sepeda motor adalah highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com pagi ini.

General Motors terus bergegas soal pengadaan mobil listrik, lengkap dengan teknologi baterai Ultium. Baru saja salah satu raksasa otomotif Amerika Serikat ini mengumumkan siap menyuntik dana investasi untuk percepatan teknologi mobil listrik generasi barunya di China.

Selain itu, juga disebutkan soal baterai mobil listrik dan distribusi tenaganya yang bakal dicangkokkan ke salah satu produk andalannya, yaitu GMC Hummer EV edisi 2022.

Senada adalah langkah yang ditempuh oleh Ford Motor Company. Perusahaan kondang asal Amerika Serikat ini tengah menyiapkan lokasi besar untuk produksi baterai listrik. Juga memperkuat pengadaan tunggangan komersialnya, Ford F-150 EV untuk pasar domestik.

Baca Juga: Rolls-Royce Motor Cars Paparkan Perjalanan Elektrifikasi Produk, Termasuk 103EX

Beberapa alasannya adalah merespon selera konsumen Negeri Paman Sam yang gemar menunggang kendaraan jenis truk atau double cabin. Satu hal lagi tentunya gencar mempromosikan tenaga alternatif atau non-petrol alias mobil listrik.

Berlanjut ke pentas roda dua, Sirkuit Mandalika terus merampungkan pembangunannya menuju kesiapan menggelar balap seri World Superbike 2021 yang akan dihelat sekitar dua bulan lagi. Juga tes pra-musim MotoGP 2022.

Hal yang bikin adem sekaligus makin semangat adalah komentar yang dilontarkan pembalap MotoGP legendaris Mick Doohan. Rider juara bertahan lima tahun berturut-turut 1994 - 1998 ini memberikan komentar positif soal sirkuit tepi laut yang diingat selalu oleh pencinta otomotif, dan para pimpinan daerah setempat.

Kemudian ada paten dari sepeda motor Honda yang tengah didaftarkan. Dikabarkan sebuah kamera digital mini akan disematkan di bagain depan kendaraan buatannya kelak, yang berfungsi mendukung sektor keamanan berkendara.

Dan sebagai pemungkas adalah hasil studi unik dari sebuah perusahaan di Prancis. Tujuannya adalah mencari tahu sepeda motor kategori apakah yang paling didamba maling saat beraksi?

Baca Juga: Sambut Gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika, Gubernur NTB Pastikan Kesiapan Daerahnya

Jawabnya ada di sini dan termasuk bikin tercengang, karena unsur keren dan seksinya sepeda motor tidak dihitung.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com. Jaga selalu kesehatan pribadi, keluarga, serta lingkungan dengan protokol kesehatan.

1. Juara MotoGP 1990-an Mick Doohan Sebut Sirkuit Mandalika Lokasi Wisata Balapan

Legenda balap motor dunia asal Australia, Mick Doohan. Ia menjuarai MotoGP lima tahun berturut-turut: 1994 - 1998 [AFP/Upali Aturugiri]
Legenda balap motor dunia asal Australia, Mick Doohan. Ia menjuarai MotoGP lima tahun berturut-turut: 1994 - 1998 [AFP/Upali Aturugiri]

"Saya takut pembalap tak bisa membedakan mana balap, mana liburan. Karena konsep sirkuit Mandalika ini bisa dibilang wisata balapan, jadi di sini pembalap, penonton dan semua yang terlibat dalam MotoGP Mandalika bisa menikmati suasana konsep sirkuit yang menempel dengan pantai ini," pendapat itu disampaikan Mick Doohan, juara MotoGP 1994-1998 saat menghadiri Pre-Launching Mandalika Grand Prix Association, sekitar dua tahun lalu (23/11/2019).

Mick Doohan yang memiliki putra bernama Jack Doohan--saat ini terjun di balap FIA Formula 3--juga menilai sirkuit Mandalika begitu menantang. Komentar itu disampaikannya setelah melihat desain dan layout road circuit ini.

Baca selengkapnya

2. Honda Ajukan Paten Teknologi Sensor Baru untuk Sepeda Motor

Ilustrasi lensa kamera digital [Shutterstock]
Ilustrasi lensa kamera digital [Shutterstock]

Honda kembali mengajukan paten sensor sepeda motor yang terletak di bagian lensa lampu depan.

Sistem ini disebutkan mampu bekerja lebih baik karena radar tidak terganggu oleh lensa atau komponen lainnya. Dengan demikian sensor dapat bekerja lebih efektif dibandingkan paten yang telah diajukan sebelumnya.

Baca selengkapnya

3. General Motors Produksi Motor Penggerak Tenaga Listrik Baru, Dicangkok ke GMC Hummer EV

GMC Hummer EV 2022  di Gurun Moab, Utah, Amerika Serikat [General Motors via ANTARA].
GMC Hummer EV 2022 di Gurun Moab, Utah, Amerika Serikat [General Motors via ANTARA].

General Motors telah mengembangkan tiga motor baru yang siap menjadi penggerak mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) dan dioperasikan bersama baterai Ultium hasil inovasinya. Tenaga yang akan dihasilkan mencapai 1.000 daya kuda.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis General Motors, salah satu dari motor baru dengan elektronika daya terintegrasi dalam unit Ultium Drive tadi akan debut 2022 bersama GMC Hummer EV 2022 di pemungkas tahun nanti.

Baca selengkapnya

4. Ford Siapkan Truk Listrik Seri F Generasi Baru, dan Investasi Baterai 11,4 Miliar Dolar AS

Ford F-150 EV, truk listrik produksi Ford, sebagai ilustrasi [Ford via ANTARA].
Ford F-150 EV, truk listrik produksi Ford, sebagai ilustrasi [Ford via ANTARA].

Ford Motor Company mengumumkan rencana untuk menghadirkan Electric Vehicle (EV) dalam skala besar di Negeri Paman Sam. Alokasi pembuatannya di Tennessee dan Kentucky. Dua pabrik ini akan memproduksi truk F-Series tenaga listrik generasi baru. Antara lain Ford F-150 EV, serta baterai mobil listrik.

Dikutip kantor berita Antara dari pernyataan resmi Ford Motor Company pada  Selasa (28/9/2021), Ford berencana untuk melakukan investasi terbesarnya di Amerika Serikat dalam kendaraan listrik bersama mitranya SK Innovation.  Nilainya mencapai 11,4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 162,5 triliun.

Baca selengkapnya

5. Studi: Pencuri Lebih Memilih Sepeda Motor Jenis Skuter Ketimbang Sport

Honda PCX 160 diluncurkan di Jakarta, Jumat (5/2/2021).  Sebagai ilustrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]
Honda PCX 160 diluncurkan di Jakarta, Jumat (5/2/2021). Sebagai ilustrasi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Mutuelle des Motards, asuransi sepeda motor asal Prancis merilis daftar model sepeda motor dan skuter yang paling banyak dicuri di negara itu.

Dalam survei yang dilakukan timnya, sebagian besar pengendara yang menjadi responden berasumsi bahwa pencuri lebih sering mengincar model sepeda motor favorit seperti Honda X-ADV, Honda PCX, dan Yamaha TMax berada di urutan teratas.

Baca selengkapnya

Komentar