alexametrics

Saksikan Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Bobby Nasution Sebut Ini Rutin Sebelum Pandemi

RR Ukirsari Manggalani
Saksikan Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Bobby Nasution Sebut Ini Rutin Sebelum Pandemi
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menyaksikan uji emisi kendaraan (ANTARA/Donny Aditra)

Wali Kota menghadiri uji emisi kendaraan di Kota Medan, PPKM turun ke level 2 sehingga kegiatan bisa dilangsungkan.

Suara.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution tampak turun langsung melakukan uji emisi terhadap salah satu mobil jenis mini bus kemarin, Selasa (12/10/2021).

Dikutip dari kantor berita Antara, ia hadir dalam acara uji emisi yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan. Berlangsung dua hari, targetnya adalah 250 unit kendaraan.

Minibus yang pengujian emisinya dilakukan langsung oleh Bobby Nasution hasilnya cukup baik, dan dinyatakan lulus emisi. Ia pun menempelkan stiker di mobil yang telah lulus uji emisi.

Petugas melakukan uji emisi kendaraan bermotor di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kramat Jati, Jakarta, Selasa (3/11/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Petugas melakukan uji emisi kendaraan bermotor di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kramat Jati, Jakarta, Selasa (3/11/2020).   Sebagai ilustrasi [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Ini kegiatan rutin setiap tahun sebenarnya, sejak ada pandemi COVID-19 tidak dilaksanakan lagi. Sekarang Kota Medan sudah turun level 2 PPKM, maka kami laksanakan lagi kegiatannya," jelas Wali Kota Medan Bobby Nasution di Medan.

Baca Juga: Undang Industri Baterai Mobil Listrik ke Indonesia, Meninves Kunjungi Volkswagen

Kepada Kepala DLH Medan Zulfansyah Ali Saputra, Bobby berpesan agar kegiatan seperti ini lebih dioptimalkan lagi.

"Fungsi dan tugas dinas ini bisa dioptimalkan lagi, ini saya lihat papan kualitas udara sudah lama rusak, tolong diperbaiki, diperhatikan, jangan hanya kegiatan rutin tahunan tapi tidak ada menampakkan hasil yang lebih jelas," lanjut suami dari Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Joko Widodo itu.

Kepala DLH Medan, Zulfansyah Ali Saputra, mengatakan selain di Jalan Sisingamangaraja, kegiatan uji emisi kendaraan dilakukan di Jalan Gatot Subroto dekat Komplek Tomang Elok.

"Jadi kegiatannya dua hari, ada 250 kendaraan yang akan ikut uji emisi," kata Zulfansyah Ali Saputra.

Menurutnya, uji emisi merupakan kegiatan rutin untuk evaluasi kualitas udara perkotaan (EKUP).

Baca Juga: Renault Twingo Urban Night Limited Edition, Hadir dalam Versi Mobil Listrik dan ICE

Kegiatan ini untuk mengurangi pengelolaan kualitas udara dengan cara mengetes kualitas udara dengan cara pengukuran kualitas emisi.

"Kendaraan itu diuji pencapaian kinerjanya. Pertama, misi gas kendaraan, survei kinerja lalu lintas dan pemantauan kualitas tepi jalan raya," ungkap Zulfansyah Ali Saputra.

Komentar