alexametrics

Kemenperin Dorong Piaggio Produksi Motor Listrik di Indonesia

Liberty Jemadu
Kemenperin Dorong Piaggio Produksi Motor Listrik di Indonesia
PT Piaggio Indonesia didorong untuk memproduksi motor listrik di Tanah Air. Foto: Skuter listrik Vespa Elettrica. [vespa.com]

Piaggio memiliki beberapa motor listrik yang sudah dipasarkan. Antara lain adalah Piaggio One dan Vespa Elletrica.

Suara.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong PT Piaggio Indonesia untuk memproduksi sepeda motor listrik di Indonesia. Dorongan itu disampaikan Agus saat menyaksikan peletakan batu pertama pabrik PT Piaggio Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021).

“Tidak lupa kami juga mendorong agar PT Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” kata Agus dalam siaran pers kementerian.

Piaggio diketahui memang memiliki beberapa motor listrik yang sudah dipasarkan. Antara lain adalah Piaggio One dan Vespa Elletrica yang menggunakan baterai. Selain itu, ada pula varian Vespa dan Piaggio hybrid.

Pada 2019 lalu Piaggio Indonesia sempat mengatakan bahwa pihaknya siap membawa sepeda motor listrik ke Indonesia dengan beberapa syarat, antara lain ketersediaan suku cadang dan sumber daya manusia untuk servis.

Baca Juga: Pabrik Piaggio Dibangun di Cikarang, Menperin: Indonesia Jadi Pusat Produksi Vespa

Tetapi di Juni 2021 kemarin, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Piaggio Group, Marco Noto La Diega mengatakan masih terus mengamati perkembangan industri kendaraan listrik di Tanah Air.

"Industri kendaraan listrik sepertinya akan menjadi hal yang sangat menarik bagi Piaggio Indonesia. Dan tentu saja, kami akan menginformasikan lebih lanjut setiap perkembangannya," kata La Diega pada Juni kemarin.

Sebelumnya diwartakan bahwa PT Piaggio Indonesia, pada Selasa (9/11/2021) telah menggelar acara peletakan batu pertama pendirian pabrik perakitan di Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik perakitan itu rencananya akan beroperasi pada akhir 2022 dan pertama-tama akan memproduksi Vespa, dengan kapasitas per tahun mencapai 10.000 unit.

Baca Juga: Pabrik Piaggio di Cikarang Akan Produksi 10.000 Unit Vespa per Tahun

Komentar