alexametrics

Lima Trik untuk Mengatasi Kaca Mobil Berembun pas Berkendara di Musim Hujan, Serba Jitu

Cesar Uji Tawakal
Lima Trik untuk Mengatasi Kaca Mobil Berembun pas Berkendara di Musim Hujan, Serba Jitu
Ilustrasi membersihkan kaca mobil. [Shutterstock]

Pengguna setia pendingin kabin mobil wajib tahu, nih!

Suara.com - Penyebab kaca mobil yang berembun beragam, yang paling sering terjadi adalah terdapat masalah suhu di dalam kabin yang juga mengindikasikan adanya masalah pada AC mobil.

Embun pada kaca mobil terjadi akibat tingkat kelembaban di luar yang sangat tinggi dan dengan adanya perbedaan suhu di luar dan dalam kabin mobil.

Tentunya kaca mobil yang berembun dapat mengganggu jarak pandang ketika berkendara terlebih saat sedang hujan. Dikutip dari edaran tertulis Carsome, berikut lima trik untuk mengatasi kaca mobil yang berembun. Apa saja?

Cara operasikan ac mobil. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Cara operasikan ac mobil. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

1. Turunkan Temperatur di Dalam Kabin Mobil

Baca Juga: SMK di Mataram Ciptakan Mobil Listrik yang Berhasil Dipamerkan di IEMS 2021

Seperti yang sudah disebutkan, embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, Anda dapat menurunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang.

2. Memanfaatkan Fitur Defrost/Defogger di Mobil Anda

Jika mobil Anda dilengkapi dengan fitur defrost/defogger, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan embun pada kaca mobil.

Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung pada dashboard. Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, Anda dapat menggunakan fitur defogger.

3. Resirkulasi Udara dalam Mobil

Baca Juga: Viral Mobil Innova Parkir di Garasi Sempit, Warganet Dibuat Bingung Cara Keluar Pengemudi

Salah satu cara mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur.

Komentar